nusabali

Najwa Shihab Cerita Ketakutannya saat Membangun Narasi

  • www.nusabali.com-najwa-shihab-cerita-ketakutannya-saat-membangun-narasi

JAKARTA, NusaBali
Pandemi Covid-19 tidak menghalangi dan membatasi kreativitas dan inovasi dalam berkarya. Setelah sukses mengadakan Playfest tahun 2019, Narasi kembali mengadakan Playfest 2020 secara virtual pada Minggu (6/12).

Menariknya pada sesi Conference yang diberi judul ‘A Pandemic Diary: Our Fate Lives Within Us’, Co-Founder Narasi Najwa Shihab membuka rahasia ketakutannya ketika awal membangun Narasi.

“Waktu itu bisa dibilang saya sudah cukup aman di pekerjaan saya sebelumnya di Metro TV. Program saya Mata Najwa pun mendapat rating yang tinggi dan iklan yang masuk juga banyak. Jadi, jujur saja saya sangat takut dan banyak khawatir. Apalagi ada beberapa orang dari tim sebelumnya juga ikut bergabung,” cerita mantan reporter yang akrab dipanggil Nana ini.

Najwa kemudian juga mengungkapkan pendapatnya tentang bagaimana anak muda bisa berkontribusi besar bagi negeri. “Indonesia tidak akan ada jika tidak ada anak muda,” ujarnya.

Salah seorang peserta, Diandra, mahasiswa Fakultas Industri Kreatif dari Telkom University juga sempat menanyakan pada Najwa mengenai ‘wawancara kursi kosong’ yang sempat ia lakukan dan viral beberapa waktu lalu. “Secara komunikasi dan jurnalistik wawancara kursi kosong ini sudah pernah dilakukan di negara-negara lain,” terangnya.

Najwa juga sempat menjelaskan pandangannya pada kebebasan berpendapat di Indonesia. “Memang ada kebebasan dalam berpendapat. Tapi, kebebasan itu tentunya juga terbatas tergantung pada setiap orang. Hanya saja sekarang praktek pelaksanaannya seringkali masih kurang tepat,” kata Najwa.

Tahun ini Playfest hadir dengan tiga pilar utama yaitu Ideas, Art, dan Entertainment. Setiap pilar ini tentunya memiliki keseruannya masing-masing. Ideas Area menghelat Conference Stage, Talk Show Stage, Workshop Room, dan Networking Lounge. Kemudian ada Art Area yang memiliki Art Gallery dan Playcinema. Terakhir Entertainment Area yang terbagi atas Playstage, Creator On The Ground, dan The Market.

Dibuka oleh Adi Panuntun CEO Sembilan Matahari dalam sesi Conference Stage yang dimulai pukul 15.00 WIB dengan tema Fusion Power. Adi membawakan materi tentang Video Mapping Festival.

Sembilan Matahari sendiri sudah dikenal dan diakui secara internasional saat memenangkan Moscow International Festival Circle of Light 2015. Sembilan Matahari juga pernah viral ‘merobohkan’ Museum Fatahilah Jakarta di tahun 2010. Setelah itu video mapping semakin dikenal publik.

Selain menghadirkan Adi Panuntun, ada juga Andibachtiar Yusuf, Ario Anindito, Della Dartyan, Mira Sumanti, Didiet Maulana, Ronald Steven, Nikita Dompas, Hari Prast, Kendra Paramita, Sisca Soewitomo, Angga Dwimas Sasongko, Chicco Jerikho, Darbotz, Hannah Al Rashid, Dion MBD, Jason Iskandar, Melly Goeslaw, Rio Dewanto, Nadya Zahwa Noor, dan Najwa Shihab sendiri. Pada sesi Entertainment sendiri ada Pamungkas, Yura Yunita, Fourtwnty, JKT48, dan terakhir karaoke bersama Diskoria.

Salah satu hal baru yang hadir pada Playfest 2020 adalah Art Gallery. Tahun ini Playfest bersama Siasat Partikelir menciptakan Art Gallery dengan format 360 Virtual Exhibition yang akan menjadi wadah untuk para seniman visual agar bisa tetap berkarya dan menyelenggarakan pameran di tengah kondisi seperti ini. Mengajak lebih dari 30 seniman di dalamnya, ‘Minor Changes’ adalah tajuk yang diusung sebagai citra peralihan modus seni di era budaya digital.

Playfest 2020 sendiri memang mengangkat tema tentang semangat ekosistem kreatif, dimana audiens tidak hanya bisa mendengar para pelaku industri kreatif berbagi ilmu dan pengalaman, tapi juga mendapat kesempatan untuk bertanya secara langsung sambil menikmati hiburan dari para pengisi acara.

Acara Playfest ini digelar secara gratis. Hanya perlu registrasi pada website Playfest Narasi dan sudah bisa mendapatkan full akses pada setiap area yang ada dalam Playfest 2020 kali ini.

Sesi Ideas Area sendiri ditutup oleh Nuseir Yassin (Nas Daily) dengan topik Finding Your Edge in Creating. Acara Playfest 2020 berakhir sekitar pukul 23.00 WIB ditutup dengan karaoke bersama Diskoria.*cla

loading...

Komentar