nusabali

7 Bandara Akan Layani Rute Internasional

  • www.nusabali.com-7-bandara-akan-layani-rute-internasional

Bandara Ngurah Rai merupakan satu dari tujuh bandara yang akan kembali melayani penerbangan internasional. Namun belum ada kepastian kapan rute internasional kembali dibuka.

MANGUPURA, NusaBali
Dalam masa adaptasi kebiasaan baru, penerbangan rute internasional direncanakan untuk beroperasi kembali. Meski sejauh ini belum ada jadwal pasti penerbangan rute internasional, namun ada 7 bandara yang menjadi pintu masuk penerbangan rute internasional.

Salah satunya Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung. Informasi yang dihimpun, pembukaan penerbangan rute internasional ini sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH.01.GR.03.01 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru. Dalam Permenkum HAM itu, ada 7 bandara yang ditunjuk untuk beroperasi melayani kedatangan wisatawan internasional. Tujuh bandara dimaksud adalah, Bandara Kualanamu Medan, Bandara Hang Nadim Batam, Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Hasanuddin Makassar, dan Bandara Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung. Meski demikian, tidak ada informasi pasti tentang kepastian tanggal mulai beroperasi/melayani wisatawan mancanegara.

Dikonfirmasi terpisah ihwal adanya Permenkum HAM itu, Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali I Putu Surya Darma tidak menampik perihal rencana pembukaan rute internasional tersebut. Menurut Surya Darma, pembukaan itu masih menunggu rapat dari berbagai kementerian yang akan dilaksanakan pada 13 Desember mendatang. “Sepertinya belum ada pembukaan. Tapi masih harus dibahas oleh Gubernur, Kemenkum HAM, Kementerian Keuangan, dan Kemenpar, pada 13 Desember mendatang,” kata Surya Darma melalui percakapan WhatsApp grup, Selasa (8/12).

Di sisi lain, Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I Taufan Yudhistira membenarkan terkait masuknya Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebagai bandara yang pertama melayani kembali rute penerbangan internasional. Meski demikian, Taufan menyatakan belum mengetahui secara pasti waktu atau tanggal pembukaan rute dimaksud. “Informasinya memang benar, tapi tanggalnya belum ada info lanjutan,” ungkap Taufan saat dikonfirmasi terpisah, kemarin.

Taufan mengemukakan, Angkasa Pura (AP) I selaku pengelola Bandara Internasional Ngurah Rai sudah siap jika rencana pembukaan rute penerbangan internasional itu dibuka. Sampai saat ini AP I sudah melakukan berbagai persiapan khususnya di terminal kedatangan dan keberangkatan internasional. Pihaknya sudah melengkapi berbagai fasilitas penunjang protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Selain itu, kapasitas terminal juga disesuaikan saat menjalani adaptasi kebiasaan baru. “Sudah siap, kapasitas terminal Internasional Bandara Ngurah Rai dioperasikan 50 persen saja. Kami sudah lengkapi sejumlah fasilitas, mulai dari pengukur suhu badan, penyediaan tempat cuci tangan, hand sanitizer, tanda jarak aman serta fasilitas lainnya,” kata Taufan. *dar

Komentar