nusabali

Diskes Matangkan Persiapan Vaksinasi Covid-19

  • www.nusabali.com-diskes-matangkan-persiapan-vaksinasi-covid-19

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Kesehatan (Diskes) Klungkung kini mematangkan persiapan terkait rencana pelaksanaan vaksinasi untuk pencegahan Covid-19 pada masyarakat.

Meskipun jajaran Diskes ini belum mengetahui secara pasti, kapan dan berapa vaksin tersebut mulai didistribusikan ke Klungkung.

"Informasi yang kami terima, vaksin pencagahan Covid-19  ini sudah ada. Tapi, kami masih menunggu kapastian pendistribusian dari Pusat ke Klungkung. Yang jelas, kami sudah melakukan persiapan," ujar Kepala Diskes Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni, Selasa (8/12).

Persiapan dimaksud, jelas dia, berupa penyediaan sarana/prasarana, sumber daya manusia (SDM), hingga data sasaran vaksinasi. "Rencananya kalangan pertama yang akan disasar vaksinasi nanti yakni dari kalangan tenaga kesehatan, TNI dan Polri," kata Swapatni.

Jelas dia, ada beberapa ketentuan untuk vaksinasi Covid-19. Seperti, usia sasaran orang yang akan divaksin antara 18 - 59 tahun, dan tidak memiliki penyakit penyerta. "Sasaran vaksin ini, tentu nanti akan kami sesuaikan dengan jumlah vaksin yang kami terima," kata Swapatni.

Dirut RSUD Klungkung dr I Nyoman Kesuma mengaku sudah berkoordinasi dengan Diskes mengenai rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Terutama terkait lokasi pelaksaan vaksinasi, jika vaksin telah didistribusikan ke Klungkung. "Kami sudah menyiapkan ruangan sesuai prptokol kesehatan, untuk pelaksanaan vaksinasi internal di RSUD Klungkung. Hanya saja persiapan dilakukan sebatas vaksinasi untuk tenaga medis," katanya.

Kalau vaksinasi untuk umum, sebaiknya itu dilakukan oleh Puskesmas. "Selain kami belum siap karena kroditnya pelayanan, juga untuk menghindari kerumunan," ungkapnya.

dr Kesuma juga belum mengetahui teknis vaksinasi nanti. Namun tenaga kesehatan yang akan diprioritaskan untuk vaksinasi terlebih dahulu. "Memang seharusnya seperti itu, karena kami tenaga kesehatan kelompok berisiko tinggi tertular Covid-19," katanya. *wan

Komentar