nusabali

Jelang Coblosan, Paslon di Tabanan Sembahyang Keliling

TPS Tempat Cabup Sanjaya Nyoblos Bernuansa Budaya Bali

  • www.nusabali.com-jelang-coblosan-paslon-di-tabanan-sembahyang-keliling

TABANAN, NusaBali
Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Tabanan baik nomor urut 1, I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira) dan nomor urut 2, AA Ngurah Panji Astika-I Dewa Nyoman Budiasa (Panji-Budi) jelang pencoblosan Pilkada Tabanan, Rabu (9/12) menggelar sembahyang.

Sembahyang digelar untuk memohon doa restu agar memperoleh hasil terbaik. Cabup Komang Gede Sanjaya mengatakan tidak ada ritual khusus yang dipersiapkan sehari sebelum pencoblosan. Namun sesuai jadwal, digelar persembahyangan di lingkup tempat tinggalnya di Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan. Seperti sembahyang ke Pura Ibu di rumahnya lalu ke Pura Desa, Pura Dalem dan Pura Prajapati. "Hari ini jadwalnya sembahyang," ujar Sanjaya, Selasa (8/12).

Dikatakan, dirinya bersama keluarga akan memberikan hak suaranya di TPS 06 Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan pada pukul 10.00 Wita. Tidak ada atribut dan pagelaran khusus yang dibuat, hanya menggunakan pakaian adat saja.

"Pagelaran khusus tidak ada, tetapi balai banjar dihias dengan ambu dan dilengkapi tedung supaya bernuansa budaya. Meskipun sekarang pandemi pesta demokrasi tetap jalan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, " tegasnya.

Sementara itu pasanganya I Made Edi Wirawan akan nyoblos di TPS  02 Banjar Batugaing, Desa Beraban, Kecamatan Kediri. Cawabup Edi Wirawan akan datang ke TPS pukul 09.00 Wita bersama keluarga. "Tidak ada persiapan khusus ya, sudah biasa menghadapi Pileg dan Pilkada," katanya.

Sementara itu Cabup nomor urut 2, AA Ngurah Panji Astika, menggelar persembahyangan ke Pura Besakih. "Hari ini (kemarin) sembahyang ke pura-pura, mudah-mudahan Ida Sanghyang Widhi Wasa memberikan restu agar Tabanan memperoleh hasil terbaik, " ujarnya.

Cabup Ngurah Panji bersama keluarga akan memilih di TPS 10 Banjar Lebah, Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan pukul 11.00 Wita. Sedangkan pasangannya I Dewa Nyoman Budiasa akan memilih di TPS 012 Banjar Jadi Babakan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri. Dia bersama keluarga akan memilih pukul 12.00 wita. "Hari ini (kemarin) saya sembahyang di rumah saja, sambil menerima masyarakat yang datang ke rumah," terangnya.

Di sisi lain seluruh pejabat di Tabanan secara serentak akan menyuarakan hak pilihnya ke TPS. Seperti Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti bersama dengan ayahnya sekaligus Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Widyatama nyoblos di TPS 10 Banjar Tegeh, Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Kemudian Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga akan menyuarakan hak pilihnya di TPS 12 Banjar Sakeh, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan. Lalu anggota DPRD RI dari Fraksi PDIP I Made Urip akan menyuarakan hak pilihnya di TPS 05 Banjar Cau, Desa Tua, Kecamatan Marga. *des

Komentar