nusabali

14 Pasar Tradisional di Kutsel Akan Dipasang Wifi

  • www.nusabali.com-14-pasar-tradisional-di-kutsel-akan-dipasang-wifi

MANGUPURA, NusaBali
Sebanyak 14 pasar tradisional yang tersebar di Kecamatan Kuta Selatan (Kutsel), Badung, direncanakan dipasangi akses wifi gratis oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Badung.

Pemasangan akses wifi ini sebagai salah satu upaya pemerintah memberikan akses informasi dan bagian dari pengembangan UMKM. Di harapkan, dengan pemasangan wifi gratis tersebut, selain melakukan penjualan secara langsung, para pedagang juga bisa memasarkan produk secara online.

Camat Kuta Selatan Ketut Gede Arta, menerangkan rencananya Diskominfo Badung memasang wifi di sejumlah objek wisata di Kecamatan Kuta Selatan. Namun, ada usulan dari pihak desa/kelurahan, perlu juga dilakukan pemasangan wifi di sejumlah pasar tradisional.

“Memang rencananya di seluruh objek wisata (dipasang wifi). Tapi, warga juga mengharapkan, di pasar-pasar tradisional ini juga diperhatikan,” kata Gede Arta, Senin (7/12) siang.

Menurut Gede Arta, di wilayah Kecamatan Kuta Selatan terdapat 14 pasar tradisional yang sebarannya mulai dari Jimbaran, Nusa Dua, Ungasan hingga Pecatu. Harapannya, 14 pasar tersebut dilengkapi akses wifi gratis. Usulan pemasangan wifi itu sudah dikaji oleh Diskominfo Badung. Nah, dari Diskominfo, dipastikan ke-14 pasar itu bakal dilengkapi dengan wifi.

“Sudah kami usulkan juga ke Diskominfo Badung. Mereka juga sudah merespons, dan mudah-mudahan tahun depan sudah terealisasi,” ungkap Gede Arta.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung I Gusti Ngurah Jaya Saputra, menerangkan pemasangan wifi gratis di sejumlah pasar tradisional di Badung sudah dilakukan selama tahun 2020 ini. Pasar yang sudah dipasang wifi ada di wilayah Utara, di antaranya Pasar Petang, Pasar Carang Sari, Pasar Bongkasa, Pasar Blakiuh, Pasar Beringkit. Sementara, untuk di wilayah Badung Selatan menunggu anggaran tahun 2021. “Sementara ini baru terealisasi di Utara. Kalau di Badung Selatan direncanakan mulai pemasangan pada 2021 mendatang,” ujar Jaya Saputra, Senin (7/12) sore.

Jaya Saputra memastikan seluruh pasar yang ada di Badung termasuk di Kuta Selatan itu akan dilengkapi dengan wifi gratis. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dan pelaku UMKM bisa memiliki alternatif dalam memasarkan produk atau dagangannya.

“Pemasangan akses wifi ini sebagai salah satu upaya pemerintah dalam memberikan akses informasi dan juga bagian dari pengembangan UMKM. Diharapkan, dengan pemasangan akses wifi gratis tersebut, selain melakukan penjualan secara langsung, para pedagang juga bisa memasarkan hasil lewat online,” tutur Jaya Saputra. *dar

Komentar