nusabali

BPPW Bali Tanam Pohon di Areal Pasar Sukawati

  • www.nusabali.com-bppw-bali-tanam-pohon-di-areal-pasar-sukawati

DENPASAR,NusaBali
Serangkaian peringatan  Hari Bakti PU ke-75, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bali- Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR  melaksanakan penanaman pohon di areal Blok A dan B  Pasar Sukawati, Jumat (4/12).

Sejumlah pohon dan tanaman hias ditanam pada areal  lingkungan Pasar  Sukawati yang  sedang dalam proses penyelesaian.

Kepala BPPW Bali I Nyoman Sutresna ST  mengatakan penanaman pohon merujuk  Surat Direktur  Prasarana Strategis Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR No UM 0101-Cr/988 tanggal 2 Desember 2020 perihal Lokasi Penanaman Pohon dalam Rangka Hari Bakti PU ke-75 Tahun 2020.

“Ini sebagai sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.Astungkara semua kegiatan Kementerian PUPR berjalan dengan baik,” ucap Sutresna.

Dikatakan Kementerian PUPR tidak akan pernah menyurutkan kecepatan pembangunan infrastruktur, meski saat ini  tengah pandemi Covid-19. Hal itu sesuai dengan motto ‘ Sigap Membangun Negeri’  Kementerian PUPR. “Motto itu yang selalu kita kawal dan kita laksanakan,” tegasnya.

Dengan  ‘Sigap Membangun Negeri’, Kementerian PUPR bisa memberikan sumbangsih  kepada masyarakat.

Salah satu harapan masyarakat di tengah Covid-19 kata Sutresna adalah  bagaimana perekonomian bisa berjalan. Lewat pembangunan infrastruktur salah satunya. Contohnya pembangunan Pasar Sukawati.

Pembangunan  tersebut akan berdampak pada percepatan  dan peningkatan perekonomian masyarakat  sekitar dan Bali pada umumnya. “Pasar Sukawati kan merupakan salah satu pasar regional,”jelasnya.

Penanaman pohon  sekaligus mendukung  penerapan prinsip ‘Gedung Hijau’ itu pada pembangunan Pasar Sukawati.

Prinsip ‘Gedung Hijau’  merujuk Peraturan Menteri (Permen) PUPR No 2/2015. Tujuannya untuk efisiensi energi, pengolahan air secara mandiri, pencahayaan dan pemanfaatan udara bebas alamiah bertujuan mengurangi penggunaan AC.

"Biaya perawatan pemeliharaan lebih ringan nanti," tambah PPK Pembangunan Sarana Prasarana Pendidikan Olahraga dan Pasar (PSPPOP) Ni Nengah Satriani.

Selain Kepala BPPW Bali I Nyoman Sutresna, penanaman pohon juga dilakukan bersama perwakilan Dinas PU Provinsi Bali, Pemkab Gianyar dan pihak  terkait lain. *K17

loading...

Komentar