nusabali

Impian Berkarier di Liga Inggris

I Gusti Made Rendi Sanjaya Putra

  • www.nusabali.com-impian-berkarier-di-liga-inggris

TABANAN, NusaBali
Pemain Garuda Select III I Gusti Made Rendy Sanjaya Putra punya mimpi besar barkarir di Liga Inggris.

Kini pemain asal Banjar Soka Kelod, Desa Antap, Tabanan, pun sudah menjejakkan kaki di Inggris. Ya, Made Rendy bersama tim Garuda Select menjalani pemusatan latihan di Inggris dan Eropa.

Pemain Persebaya U-16 Surabaya itu sejak kecil bermimpi suatu saat merumput di Liga Inggris. Eks pemain PPLP Musi Banyuasin, Palembang, itu, kini siap ‘mengetuk pintu’ klub-klub Liga Inggris dan Eropa. Harapan itu kian mendekati kenyataan usai ditangani Direktur Garuda Select, Dennis Wise dan pelatih Des Walker. Wise dan Walker adalah mantan pemain timnas Inggris dan bermain di klub-klub Premier League.

"Sejak menekuni sepakbola mulai kelas II SD, Rendi terobsesi main di Liga Inggris. Sering dia cerita ingin main di Eropa, terutama di Inggris," kata ayah Gusti Rendi, I Gusti Nyoman Wibawa, Jumat (4/12).

Menurut Gusti Wibawa, mengutip pernyataan anaknya, sepakbola di Inggris sangat maju. Kualitas kompetisinya juga disenangi pencinta sepakbola di seluruh dunia. Bahkan Gusti Rendy juga ngefans dengan tim Inggris.

"Memang murni keinginan anaknya main di Inggris pada saatnya nanti. Mudah-mudahan saja terwujud," harap Gusti Wibawa.

Selain itu Gusti Rendy juga ingin masuk Timnas Indonesia. Namun saat masuk pemusatan latihan di Inggris, Gusti Wibawa meminta anaknya tidak cepat berpuas diri. Dia ingin Rendy selalu bersemangat belajar meningkatkan kualitas skill dan kemampuan sepakbolanya.

Gusti Wibawa menuturkan, perjalanan Rendy mulai terlihat setelah masuk PPLP Musi Banyuasin Palembang. Saat itu barus kelas II SMP, lalu pindah dari SMPN 1 Bajera Tabanan ke SMPN 12 Sekayu Palembang.

Menurutnya, Rendy mampu bermain di lima posisi, yakni gelandang serang, second striker, pemain sayap kanan kiri, dan gelandang bertahan. Usai direkrut PPLP Sepakbola Palembang kualitas Rendy terus kelihatan, hingga tamat SMP pulang ke Bali, setelah 1,5 tahun di Palembang.

Pada 2019 mendapat informasi rekrutmen pemain di Persebaya U-16 Surabaya. Gusti Rendi ikut tes dan lolos di Persebaya dan terus menjadi pemain inti. Hingga setahun di Persebaya, Rendy dipanggil seleksi Garuda Select III dan lolos.

"Sekarang ini posisinya gelandang serang. Tapi posisi murni Rendy sejatinya second striker. Kami berharap Rendy mampu mengemban tugas sebaik mungkin," kata Gusti Wibawa.

Sebelum masuk PPLP Palembang, perjalan Gusti Rendy diawali di SSB SSB Putra Dewata Bali, PSG Bali United, dan Pro Elite Academy 2018. Rendy sempat kecewa berat dengan salah satu pelatih di Bali. Karena itu, dia ingin merantau, daaan bermain sepakbola di luar Bali. Bahkan di Persebaya U-16 menjadi pemain inti.

“ Makanya tidak terdengar di Bali. Padahal sebelum di Persebaya U-16, Rendy banyak membela klub di Bali. Salah satunya di Perst Tabanan," kata Gusti Wibawa.

Gusti Wibawa pun mendorong Rendy fokus menjalani pemusatan latihan di Inggris. Hal itu jauh sangat bermanfaat bagi karier sepakbola nanti. Apalagi Rendy juga ingin mewujudkan keinginan merumput di Liga Inggris.

Selain Gusti Rendy, pemain sepakbola asal Bali yang ikut pemusatan latihan di Inggris, yakni I Putu Dipa Yogi Arta (Bali United), dan I Gede Aditya Juli Antara (Persebaya U-16). *dek

Komentar