nusabali

Asuransi Gedung Perkantoran, Badung Siapkan Rp 2,5 M

  • www.nusabali.com-asuransi-gedung-perkantoran-badung-siapkan-rp-25-m

MANGUPURA, NusaBali
Pemkab Badung menggelontorkan anggaran besar untuk mengasuransikan gedung perkantoran yang dimiliki.

Tidak saja gedung perkantoran di komplek Pusat Pemerintah (Puspem) Badung, gedung yang menjadi Kantor Camat serta gedung Puskesmas se-Kabupaten Badung juga ikut diasuransikan.

Dalam dokumen Belanja Asuransi Barang Milik Daerah, Belanja Asuransi Gedung dan Inventaris Pemerintah Kabupaten Badung, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menyiapkan anggaran sekitar Rp 2,5 miliar untuk mengasuransikan gedung perkantoran tahun 2021. “Jadi semua gedung perkantoran di Puspem ini diasuransikan,” kata Kepala BPKAD Badung, I Gede Suyasa, Jumat (4/12).

Di samping itu, lanjutnya, gedung-gedung yang digunakan sebagai kantor camat dan puskesmas se-Kabupaten Badung juga ikut diasuransikan. “Ini sifatnya rutin saja. Setiap tahun kami menyiapkan anggaran untuk mengasuransikan gedung perkantoran milik pemerintah daerah,” ujar Suyasa.

Mantan Kabag Keuangan Setda Badung ini menjelaskan, mengasuransikan gedung perkantoran yang ada bukan tanpa alasan. Seandainya terjadi hal-hal tidak diinginkan, misalnya terjadi bencana gempa bumi dan kebakaran, maka bisa mengajukan klaim polis asuransi. Dengan demikian pihak asuransi lah yang akan menanggung biaya perbaikannya.

“Nanti kita tinggal klaim saja ke pihak asuransi seandainya ada bencana. Tapi mudah-mudahan tidak sampai terjadi,” harap Suyasa. Berdasarkan data yang terpampang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Belanja Asuransi Barang Milik Daerah, Belanja Asuransi Gedung dan Inventaris Pemerintah Kabupaten Badung, mulai masuk tender pada 3 Desember 2020. Nilai pagu paket sebesar Rp 2,5 miliar. Anggaran bersumber dari APBD Badung tahun 2021.

Proses tender sendiri akan berlangsung hingga 14 Desember 2020. Hingga kemarin sudah ada tiga rekanan yang menyatakan berminat terhadap dokumen tender tersebut. *asa

Komentar