nusabali

Petugas Damkar Tangkap Ular Piton dan Ular Sawah

  • www.nusabali.com-petugas-damkar-tangkap-ular-piton-dan-ular-sawah

AMLAPURA, NusaBali
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Karangasem menangkap ular piton sepanjang 2 meter di kandang sapi milik I Wayan Ngetis, Banjar Mekar Sari, Desa Labasari, Kecamatan Abang, Karangasem, Kamis (3/12).

Sementara ular sawah sepanjang 1,5 meter ditangkap di rumah Ni Kadek Ayu Savitri, Jalan Untung Surapati Amlapura, Rabu (2/12) malam. Kedua ular itu kemudian dilepasliarkan di habitatnya.

Kelian Banjar Mekar Sari, Desa Labasari, I Made Susila, yang melaporkan sekaligus minta bantuan ke petugas Damkar Karangasem untuk menangkap ular piton di kandang sapi milik I Wayan Ngetis. Komandan Regu I, I Putu Sudirga, bersama 5 anggota lainnya ke lokasi bawa karung plastik, tongkat kayu, dan slop tangan. “Saya dimintai bantuan mendatangkan petugas untuk mengevakuasi ular yang masuk kandang sapi. Saya khawatir sapi digigit ular berbisa,” jelas Kelian Banjar Mekar Sari I Made Susila.

Sebelumnya, petugas Damkar Karangasem menangkap ular sawah panjang sepanjang 1,5 meter di rumah Kadek Ayu Savitri, di Jalan Untung Surapati Amlapura, Rabu (2/12) sekitar pukul 21.05 Wita. Penangkapan ular dipimpin Komandan Regu III, I Wayan Kantun. Pemilik rumah Ni Komang Ayu Savitri menghubungi petugas pos Pemadam Kebakaran di Terminal Subagan Amlapura. Wayan Kantun mengatakan, ular masuk pemukiman penduduk untuk mencari makanan. Terutama rumah-rumah penduduk yang dekat dengan semak-semak, tegalan, kebun, dan sawah. Sebab ular bisa masuk lewat lubang, memanjat tembok, atau atap rumah.

Kasi Pengendalian dan Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem I Wayan Putu Darma Kartika mengakui petugas telah terbiasa menangkap ular berbisa atau mengevakuasi sarang tawon.  "Ular yang ditangkap petugas di Jalan Untung Surapati telah dilepas liarkan ke habitatnya," kata Wayan Putu Darma kartika. *k16

loading...

Komentar