nusabali

SMPN 2 Amlapura Gelar Pameran Seni Rupa

  • www.nusabali.com-smpn-2-amlapura-gelar-pameran-seni-rupa

AMLAPURA, NusaBali
Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, membuka pameran seni rupa bertajuk Kucing Seru (Kucinta Gambar Seni Rupa) 2020 di SMPN 2 Amlapura, Kamis (3/12).

Hasil karya siswa kelas VII, kelas VIII, dan kelas IX itu dipamerkan di empat ruangan. Siswa yang dihadirkan di acara pembukaan terbatas. Mereka datang ke sekolah bergilir. Pameran digelar selama sepekan dari tanggal 3-10 Desember 2020.

Kadisdikpora Karangasem I Gusti Ngurah Kartika mengapresiasi karya seni rupa siswa SMPN 2 Amlapura. “Mereka berbakat di bidang seni rupa, buktinya hasil karya mereka rata-rata berkualitas untuk ukuran siswa SMP,” kata I Gusti Ngurah Kartika. Dari empat ruang pameran itu, temanya burung, buah, bunga alam, dan wayang. Kasek SMPN 2 Amlapura I Wayan Gede Suastika mengatakan, pameran secara rutin digelar sejak tahun 2016, diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Pameran tahun 2016 dengan tema Mozaik, tahun 2018 dengan tema Topeng, dan tahun 2020 dengan tema Kucing Seru.

Wayan Gede Suastika menegaskan, pameran ini untuk mengapresiasi bakat seni siswa dan meningkatkan pendidikan karakter dan literasi. Karya siswa ini menggunakan media kertas, kanvas, dan cat yang merupakan materi pembelajaran seni rupa sebagai kompetensi dasar. “Merupakan kebanggaan bagi siswa karena hasil karyanya dipamerkan," jelas Wayan Gede Suastika.

Karya siswa pun mengedukasi seperti pencegahan Covid-19. “Ini semuanya hasil karya siswa di masa pandemi Covid-19, sehingga ada manfaatnya belajar di rumah, mengoptimalkan bakat siswa dengan menggambar, inilah hasilnya,” tambah Wayan Gede Suastika. Siswa yang berminat menyaksikan pameran dibatasi datang ke sekolah. Mereka wajib mengedepankan protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. *k16

Komentar