nusabali

Penggalian Goa Misterius Dihentikan Sementara

  • www.nusabali.com-penggalian-goa-misterius-dihentikan-sementara

Taat aturan, pihak Desa Pakraman Suwug berencana laporkan penempuan goa misterius di areal Pura Lebah ke Mapolsek Sawan

Balai Arkeologi Denpasar Tidak Ingin Adanya Data Awal yang Hilang


SINGARAJA, NusaBali
Setelah hampir sepekan berlangsung, proses penggalian goa misterius yang ditemukan di areal Pura Lebah, Banjar Sabi, Desa Pakraman Suwug, Kecamatan Sawan, Buleleng akhirnya dihentikan buat sementara, Rabu (2/11). Penghentian ini dilakukan atas arahan Balai Arkeologi Denpasar, melalui Dinas Kebudayaan-Pariwisata (Disbudpar) Buleleng.

Terekait dihentikannya penggalian ini, Kepala Seksi Permuseuman Sejarah dan Ke-purbakalaan Bidang Kebudayaan Disbudpar, I Kadek Widiastra, Rabu kemarin kembali terjun ke lokasi goa misterius di arel Pura Lebah, Desa Pakraman Suwug. Kadek Widiastra sekalian memantau warga setempat menutup mulut goa setinggi 1,8 meter dan lebar 1,7 meter tersebut menggunakan bambu dan kayu.

Kepada NusaBali, Kadek Widiastra mengatakan goa misterius yang berada sekitar 100 meter sebelah selatan Pura Lebah ini harus ditutup sementara. Pasalnya, pihak Balai Arkelogogi Denpasar tidak ingin kehilangan data awal atas penemuan goa misterius tersebut. Selain itu, juga atas pertimbangan fakor keselamatan, jika warga yang masuk ke dalam goa misterius menemukan benda sisa-sisa sejarah yang membahayakan nyawa.


SELANJUTNYA . . .

Komentar