nusabali

Gelar Webinar Kepemimpinan Polri di Tengah Pandemi

Sekolah Serdik Sespimma Polri Angkatan 64 Tahun 2020

  • www.nusabali.com-gelar-webinar-kepemimpinan-polri-di-tengah-pandemi

DENPASAR, NusaBali
Sespimma Sespim Lemdiklat Polri menggelar Webinar Sekolah Serdik Sespimma Polri Angkatan 64 Tahun Anggaran 2020, Selasa (1/12).

Acara yang digelar semi virtual  tersebut diikuti sekitar 500 peserta dari berbagai daerah.  Acara tersebut mengangkat tema Kepemimpinan Polri di Masa Pandemi Covid-19 Guna Menjaga Stabilitas Kamtibmas Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Daerah. Webinar dibuka oleh Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Drs Rokhmad Sunanto. Hadir sebagai narasumber yakni Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Kemenkopolhukam Irjen Agung Makbul.

Selain itu dihadirkan Kabag Bingadikwa Robindiklat Lemdiklat Polri Doktor Ilmu Kepolisian Kombes Andry Wibowo dan Dirjen P2P Kemenkes yang diwakili oleh Plt Direktur Surveillans dan karantina kesehatan dr Prima Yosephine.

Kombes Andry Wibowo pada kesempatan itu memaparkan materi mengenai peran polisi di masa pandemi. Menurutnya, selain melaksanakan peran dan fungsinya sendiri pada urusan yang menjadi tanggung jawabnya yaitu melakukan pengamanan kegiatan masyarakat, penegakan hukum, intelijen keamanan, kebinmasan, pelayanan masyarakat kepolisian dan sebagainya, Polisi juga melaksanakan peran dan fungsi lain. Yaitu penegakan hukum protokol kesehatan, bakti sosial, bakti kesehatan, mitigasi covid-19 yang tujuannya adalah mencegah kerumunan masyarakat, mencegah kelaparan dan penyakit.

“Polisi juga menjalankan peran dan fungsi sebagai ‘self help’ mitigasi kesehatan sebagai korban dengan melakukan mitigasi Covid-19 pada institusi kepolisian. Yang bertujuan mencegah penyebaran Covid-19 dan meningkatkan daya tahan pada lingkungan perkantoran, Personil Polri dan keluarga Polri,” urainya.

Dari hal itu, lanjutnya, pelajaran yang dapat dipetik bahwa Covid-19 mendorong Polri menjalankan peran dan fungsi yang bersifat multiple sekaligus sebagaimana dilaksanakan oleh kepolisian di seluruh dunia.

“Covid-19 juga berdampak pada kepemimpinan dan manajemen di seluruh level struktur dan manajerial Kepolisian termasuk penyesuaian ketersediaan dan pengelolaan Sumber Daya Internal dan Eksternal, tegasnya. *rez

Komentar