nusabali

Paket Bagus Siap Benahi SDM dan Jadikan Kota Bangli Lebih ‘Hidup’

  • www.nusabali.com-paket-bagus-siap-benahi-sdm-dan-jadikan-kota-bangli-lebih-hidup

BANGLI, NusaBali
Pasangan calon Bupati Bangli I Made Subrata dan calon Wakil Bupati Ngakan Made Kutha Parwata yang lebih dikenal dengan ‘Paket Bagus’ mengusung misi membenahi kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat Bangli jika mereka terpilih untuk memimpin Bangli lima tahun ke depan.

“Visi-misi kami sangat jelas. Ada delapan program prioritas untuk masyarakat. Prioritas utama kami adalah membenahi kualitas SDM. SDM perlu dibangun lagi,” jelas Cabup I Made Subrata didampingi Cawabup Ngakan Made Kutha Parwata di Bangli, Senin (1/12).

Untuk maju dalam kontestasi Pilkada Bangli pada 9 Desember mendatang, pasangan Bagus menyatakan kesiapan visi ‘Mewujudkan Bangli yang Unggul dan Sejahtera melalui Tata Kelola Pemerintahan yang Profesional, Transparan, Akuntabel, Berwawasan Wirausaha, Berlandaskan Adat, Budaya dan Tri Hita Kirana.’

Paket Bagus menyebut delapan misi  yang diemban tercakup dalam ‘Asta Wakra’ yang semuanya akan bermuara pada peningkatan kualitas SDM  masyarakat Kabupaten Bangli agar berdaya saing yang tinggi menuju Bangli yang maju dan sejahtera. “Kami punya strategi membenahi dan membangun kualitas SDM itu,” kata Subrata.

Dia pun merinci strategi itu antara lain dengan menekan angka putus sekolah, membangun Balai Latihan Kerja dan pelatihan bagi sektor potensial, mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif, serta mendorong, membantu dan memfasilitasi  pembangunan pasraman.

Pemkab Bangli, menurut Subrata, akan menjadi pelayan sekaligus fasilitator yang merupakan stimulan dari seluruh kebutuhan masyarakat. “Oleh karena itu, jika masyarakat Bangli memberi kesempatan kami untuk memimpin, maka pemerintahan ke depan diawali dari pembenahan SDM. Termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang nantinya harus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” tegasnya. 

Pembenahan SDM  diprioritaskan sejalan dengan pembangunan fisik di daerah yang selama ini sudah bagus dijalankan oleh Bupati Made Gianyar yang mengusung  tagline ‘membangun Bangli dari desa’. “Kami lihat kondisi kota agak terlantar. Termasuk kantor-kantor pemerintahan sebagai tempat pelayanan publik masyarakat di Bangli. Maka dari itu kami munculkan tagline baru, menata kota membangun desa,”  tegas mantan Perbekel Bunutin Kintamani itu.  “Ini yang menjadi acuan kami dalam menjalankan pemerintahan ke depan,” tandasnya.

Strategi penataan Kota Bangli, dipastikan akan segera dijalankan yakni penataan gorong-gorong di seputar Kota Bangli, penataan lampu penerangan jalan, penataan taman kota dan tanaman sepanjang jalan utama Kota Bangli, pengelolaan distribusi sampah berbasis sinergi desa adat dan desa dinas, serta percepatan pembangunan infrastruktur pedesaan seperti jalan dan jembatan.

Akan digarap pula restorasi dan revitalisasi situs-situs budaya yang ada di pusat Kota Bangli, sehingga dapat menguatkan jatidiri masyarakat Bangli yang senantiasa menghormati warisan sejarah dan leluhurnya. “Kami pastikan Kota Bangli akan indah dan asri dengan pola penataan yang maksimal. Kota juga akan lebih hidup dan bergeliat dengan pengelolaan pasar, pasar senggol dan pusat kegiatan ekonomi kreatif dan aktivitas generasi milenial,” kata Gusdek, panggilan akrab Kutha Parwata.

Seperti diketahui, pasangan Bagusadalah paslon dengan nomor urut 1 pada kartu suara Pilkada Bangli 2020. Berdasarkan dukungan semakin kuat dari masyarakat di empat kecamatan, mereka optimis akan dapat mewujudkan misi, program dan strategi pembangunan Bangli. “Kami mohon doa dan dukungan,” kata Subrata yang ditegaskan pasangannya Kutha Parwata. *mds

Komentar