nusabali

Polres Badung Kerahkan 800 Personel

Pengamanan Pilkada Badung 2020

  • www.nusabali.com-polres-badung-kerahkan-800-personel

Pada pemilu sebelumnya kerawanan pilkada terletak pada potensi konflik antar-pendukung. Sekarang di masa pandemi Covid-19, terletak pada potensi kerumunan.

MANGUPURA, NusaBali
Polres Badung bersama dengan BKO Polda Bali mengerahkan 800 personel  guna melakukan pengamanan saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, di setiap TPS wilayah Kabupaten Badung.

“Untuk daerah yang akan berpotensi menimbulkan kerumunan dari hasil pemetaan adalah wilayah Kuta Utara dan Mengwi, yang kepadatan penduduknya tinggi di Badung. Daerah ini memang rawan ada yang berkerumun dengan jumlah penduduk cukup padat,” kata Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi saat dikonfirmasi di Badung, Minggu (29/11).

Dia mengatakan bahwa sisi kerawanan pilkada saat ini mengalami perubahan. Jika dilihat pada pemilu sebelumnya kerawanan pilkada terletak pada berpotensinya konflik antar-pendukung calon. Sedangkan sekarang di masa pandemi Covid-19 ini justru titik kerawanannya terletak pada potensi kerumunan.

“Tentu kalau konflik horizontal minim, tetapi kami memetakan kerawanan berdasarkan potensi kerumunan yang melanggar protokol kesehatan,” kata Kapolres AKBP Robby.

Untuk menghindari kerumunan di TPS, diimbau agar masyarakat tidak menyaksikan perhitungan suara di TPS. “Saya mengimbau agar masyarakat tetap di rumah saja ketika proses perhitungan suara. Percayakan kepada panitia dan saksi, juga petugas yang ada,” ujarnya.

Sebelumnya Kapolda Bali yang baru, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra mengatakan bahwa untuk pengamanan pilkada harus dilaksanakan secara optimal. Selain itu, memberikan keyakinan kepada masyarakat untuk bersedia ke TPS menyalurkan hak suaranya.

“Kerumunan, kita tidak bekerja sendiri, di situ ada KPPS, ada pejabat pemungutan suara, itu sudah mensimulasikan, siapa pada jam berapa tertentu, siapa yang harus datang, bagaimana alurnya itu sudah kita simulasikan untuk menghindari kerumunan atau kelebihan massa yang datang ke lokasi,” katanya. *ant

Komentar