nusabali

Pohon Tumbang, Truk Kesulitan Melintas

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-truk-kesulitan-melintas

AMLAPURA, NusaBali
Pohon serabutan setinggi 6 meter dengan diameter 20 cm tumbang ke jalan di Banjar Langsat, Desa/Kecamatan Rendang, Karangasem, Sabtu (28/11).

Pohon tumbang yang menutupi badan jalan ini dilaporkan langsung oleh Camat Rendang I Wayan Mastra ke BPBD Karangasem. Sebab pohon tumbang menyebabkan truk-truk angkutan material galian C kesulitan melintas apalagi di jalur tanjakan.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa bersama anggota ke lokasi hanya membawa satu chainsaw untuk memotong batang pohon. Di jalur tanjakan yang berbatasan dengan tebing dan jurang itu rawan pohon tumbang. Sering terjadi pohon tumbang dan tanah longsor karena setiap hari dilintasi truk-truk mengangkut material galian C, jalan terus bergetar sehingga struktur tanah terganggu. “Sebaiknya truk yang melintas jaga jarak, tidak melintas beriringan. Sebab jalur itu rawan pohon tumbang, apalagi di saat musim hujan, jalan jadi licin,” jelas Ida Ketut Arimbawa.

Penyebab lain truk sulit melintas karena sebelum jalan tanjakan, banyak truk parkir di bahu jalan sebelah jembatan Sungai Telaga Waja. BPBD juga menangani pohon tumbang di Banjar Antiga Kaler. Pohon bayur dengan panjang 10 meter dan diameter 25 cm itu tumbang karena akarnya lapuk. Apalagi diguyur hujan lebat menyebabkan jadi berat. Pohon itu menimpa kabel milik PT PLN Persero dan merobohkan tiang listrik. Sebelum melakukan penanganan, BPBD berkoordinasi dengan petugas PLN agar memutus aliran listrik selama melakukan penanganan. Kebetulan arus lalulintas di Banjar Antiga Kaler lengang sehingga tidak menimbulkan bahaya. *k16

loading...

Komentar