nusabali

Pulang ke Sembiran, Putri Koster Gelontor Sembako

Ajak Masyarakat Setempat Terapkan Protokol Kesehatan 3M

  • www.nusabali.com-pulang-ke-sembiran-putri-koster-gelontor-sembako

SINGARAJA, NusaBali
Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Bali, Ni Putu Putri Suastini, pulang kampung ke Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng, Minggu (29/11).

Momentum pulang kampung tersebut dimanfaatkan istri dari Gubernur Bali Wayan Koster ini untuk menggelontor bantuan sembako, sekaligus mengajak warga setempat untuk tetap ingat pesan ibu ‘Terapkan 3M’ di tengah pandemi Covid-19 yang hingga kini belum ada tanda-tanda akan berakhir.

Ny Putri Koster mengatakan, langkah protokol kesehatan 3M itu meliputi memakai masker di mana pun terutama saat berada di tengah keramaian dan sedang mengobrol (berbicara) dengan orang lain, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap saat, serta selalu menjaga jarak fisik dengan orang lain. Langkah 3M ini adalah pelindung diri yang ampuh.

"Jadi, protokol kesehatan dengan 3M ini harus dilaksanakan secara disiplin. Ini pelindung diri paling ampung dari ancaman Covid-19," ujar Putri Koster di sela kegiatan penyaluran bantuan sembako yang dilakukan di Balai Serbaguna Desa Sembiran, Minggu kemarin.

Menurut Putri Koster, anak-anak muda yang punya lebih banyak aktivitas di luar rumah saat masa pandemi ini, juga harus lebih menjaga diri dari paparan Covid-19. Jangan sampai karena ketidakpedulian, malah membawa virus ke lingkungan rumah.

“Anak-anak muda yang fisiknya kuat, mungkin lebih bagus daya tahan tubuhnya jika terinfeksi Covid-19. Namun, akan berbahaya bagi orang-orang di rumah, orang tua yang lebih rentan. Ingat, sekarang yang banyak terjadi adalah klaster keluarga, kita harus waspada. Lindungi orang-orang yang kita sayangi dengan disiplin Prokes," terang Putri Koster.

"Mari kita sama-sama jaga kesehatan dan jangan pernah menyerah, kita bersama-sama pula hadapi pandemi Covid-19 ini," tegas tokoh perempuan asal Desa Padangsambian Kaja, Kecamatan Denpasar Barat yang dua bulan lalu sempat terpapar Covid-19 ini.

Dalam kesemptan itu, Putri Koster juga mengharapkan bantuan yang disalurkan berupa paket sembaku berisi beras, minyak, dan gula bisa bermanfaat bagi warga yang membutuhkan. "Pandemi ini tentu berdampak besar pada ekonomi warga. Banyak yang dirumahkan dari tempat kerjanya, mungkin ada yang tidak bisa berangkat ke kapal pesiar. Untuk itu pula, saya harap bantuan ini bisa tepat sasaran kepada warga yang benar-benar kurang mampu. Tugas jajaran desa untuk memastikan bantuan diterima oleh orang yang tepat," pesan seniwati multitalenta yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali ini.

Sebanyak 750 paket sembako diserahkan Putri Koster di Desa Sembiran, Minggu kemarin, untuk nantinya disalurkan kepada warga yang berhak menerimanya. Secara simbolis, hanya 25 paket yang diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali. Selain sembako, juga disampaikan pula bantuan 1.500 pcs masker dan penunjang protokol kesehatan lainnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Perbekel) Sembiran, Nengah Sariana, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Putri Koster beserta TP PKK Provinsi Bali dan Pemprov Bali, atas bantuan kepada warganya. "Saya juga mengajak warga untuk tetap mengikuti segala anjuran pemerintah sampai pandemi Covid-19 ini berakhir," ujar Nengah Sariana. *nat

Komentar