nusabali

Pemkot Lakukan Uji Coba Jalur Trans Metro Koridor III

  • www.nusabali.com-pemkot-lakukan-uji-coba-jalur-trans-metro-koridor-iii

DENPASAR, NusaBali
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Denpasar kembali melakukan uji coba jalur Bus Trans Metro Dewata koridor III, Minggu (29/11).

Kali ini, trayek koridor III ini terintegrasi dengan moda transportasi laut di Pelabuhan Sanur, Denpasar Selatan. Wisatawan yang datang ke Bali dan ingin menyeberang ke Pulau Nusa Penida, Klungkung bisa langsung naik bus menuju arah Sanur.

Kadis Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sriawan, menjelaskan uji coba trayek koridor III ini sebagai lanjutan perlintasan penunjang kawasan wisata di Kota Denpasar. Kali ini bukan hanya perlintasan di darat saja, namun Bus Trans Dewata juga terintegrasi dengan moda transportasi laut di kawasan Pelabuhan Sanur.

Trayek koridor III ini resmi akan beroperasi tanggal 7 Desember 2020 mendatang. Di mana rute dari trayek koridor III ini mulai dari Sanur, Jalan Hang Tuah, Plaza Renon, Mall Matahari, Jalan Diponegoro, Jalan Hasanudin, Jalan Thamrin, Jalan Setiabudi, Jalan Cokroaminoto, Gatsu, Jalan Raya Dalung, dan Catur Muka Dalung. Untuk arah balik meliputi Jalan Gatsu Barat, Ubung, Jalan Gajah Mada, Kapten Agung, Jalan Cok Agung Tresna, Jalan Moh Yamin, dan kembali ke Sanur.

"Kemarin kan trayek koridor I dan II sudah kita terapkan. Nah, sekarang kita uji coba untuk trayek koridor III. Koridor III ini berkaitan atau terintegrasi dengan moda transportasi laut Pelabuhan Sanur. Jadi, mereka yang datang ke Bali mau menuju Nusa Penida melalui jalur udara bisa naik bus menuju Gor Ngurah Rai, dari Gor Ngurah Rai mereka akan diantar ke Pelabuhan Sanur untuk penyeberangan," jelasnya.

Menurut Sriawan, hal ini dilakukan untuk mempermudah wisatawan dan masyarakat mencari kendaraan umum. Selain itu, penggunaan kendaraan pribadi juga bisa lebih sedikit untuk mengurangi polusi udara yang ada di Kota Denpasar. Sriawan mengatakan, sampai saat ini ujicoba berjalan lancar tanpa ada hambatan. Dia berharap ketiga koridor ini bisa terus beroperasi dengan baik.

Selain uji coba, Sriawan juga mengatakan sebelumnya sudah menyelesaikan jalur sepeda sepanjang 25 kilometer. Jalur tersebut juga terintegrasi dengan Trans Metro Dewata. "Tujuannya jika ada yang membawa sepeda lipat mau naik bus menuju Bandara Ngurah Rai bisa ditaruh di bus. Jadi semua dimudahkan," tandasnya. *mis

Komentar