nusabali

Pohon Kepuh Tumbang Tutup Jalan di Desa Bugbug

  • www.nusabali.com-pohon-kepuh-tumbang-tutup-jalan-di-desa-bugbug

AMLAPURA, NusaBali
Pohon kepuh setinggi 10 meter dengan diameter 35 cm tumbang ke jalan raya di Banjar Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Jumat (27/11) sekitar pukul 06.10 Wita.

Pohon tumbang menutup jalan raya menuju Hotel Puri Bagus Candidasa dan menindih kabel listrik. Petugas BPBD Karangasem melakukan penanganan setelah berkoordinasi dengan PLN untuk pemadaman listrik sementara.

Kelian Banjar Samuh, Ni Nyoman Citera Darma Wijayanti, mengatakan tak ada hujan maupun angin kencang, namun pohon kepuh itu mendadak tumbang. Diduga akar pohon tidak kuat menahan beban karena sehari sebelumnya terjadi hujan lebat. Di jalur pohon tumbang itu banyak tumbuh pohon kelapa dan pohon lainnya. Beruntung tak ada pengguna jalan melintas di jalur itu saat pohon tumbang. Pohon menimpa kabel listrik dan menutupi badan jalan.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, bersama anggota melakukan penanganan setelah berkoordinasi dengan petugas PT PLN Persero Amlapura. Sehingga saat petugas BPBD mendatangi lokasi kejadian bersama-sama dengan petugas PLN. Petugas PLN memutuskan aliran listrik sementara. Setelah dinyatakan aman, petugas BPBD memotong batang pohon menggunakan tiga chainsaw.

Pohon kutuh yang tumbang ada di jalur alternatif menuju Hotel Puri Bagus Candidasa. Sepintas pohon kutuh masih kelihatan kuat, masih tumbuh daun yang lebat, dan batangnya masih hijau. Hanya saja akarnya telah keropos. Sedangkan tanah longsor terjadi di Banjar Belatung, Desa Menanga, Kecamatan Rendang. BPBD melakukan penanganan dibantu petugas Dinas PUPR Karangasem. Tanah longsor sempat menutup jalan raya sekitar 10 meter.  *k16

loading...

Komentar