nusabali

Pemkab Klungkung - Dirjen Cipta Karya Jalin Kerjasama

Penyediaan Air Minum SWRO di Nusa Lembongan

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-dirjen-cipta-karya-jalin-kerjasama

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menandatangani nota kesepakatan dengan Dirjen Cipta Karya terkait penyelenggaraan sistem penyediaan air minum SWRO (Sea Water Reverse Osmosis) di ruang rapat Bupati Klungkung, Jumat (27/11).

Optimalisasi penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM SWRO) ini di Nusa/Desa  Lembongan, Kecamatan Nusa Penida. Klungkung. Nota Kesepakatan tersebut untuk mensinergikan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan SPAM yang terintegrasi secara efisien dan efektif di Klungkung. Selain itu, percepatan pembangunan dan pengelolaan pelayanan SPAM guna memenuhi kebutuhan air minum. Mewujudkan pelayanan air minum yang memenuhi persyaratan kualitas, kuantitas, dan kontinuitas, serta mendukung pencapaian peningkatan cakupan pelayanan air minum.

Direktur Air Minum Direktorat jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Yudha Mediawan, dalam sambutannya yang dibacakan Kasubdit Wilayah III Direktorat Air Minum, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Ade Syaiful Rachman, menyampaikan sesuai dengan kewenangannya, Dirjen Cipta Karya didukung oleh Pemprov akan memfasilitasi kabupaten/kota dalam mencapai layanan minimal yang harus disediakan bagi masyarakat.

Jelasnya, SPAM SWRO Nusa Lembongan merupakan sistem mengolah air laut menjadi air minum dengan kapasitas 5 liter/detik. Manfaatnya akan dirasakan penuh di Pulau Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan dengan target sambungan rumah 500 unit. Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali memberikan dukungan dalam hal penyusunan dokumen perencanaan Detail Engineering Design (DED) serta pelaksanaan konstruksi fisik yang akan dilaksanakan pada tahun 2021. Hal ini sebagai bentuk komitmen dukungan pemerintah pusat terhadap terlaksananya penyelenggaraan SPAM di Nusa Lembongam. Yudha Mediawan berpesan kepada  PDAM Klungkung yang memperoleh status kinerja sehat, agar jangan lengah, tingkatkan kinerja, dan lakukan penguatan dalam SDM PDAM terutama dibidang pengelolaan SWRO ini. Guna mengoptimalkan pelayanan air kepada masyarakat di Nusa lembongan dan Ceningan dengan menggunakan SPAM SWRO tersebut.

Kasubdit Wilayah III Direktorat Air Minum, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Ade Syaiful Rachman, menyatakan bahwa optimalisasi SPAM SWRO Nusa Lembongan sudah ditenderkan oleh pihak Kementerian PUPR.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengharapkan dengan penandatanganan nota kesepakatan ini, masyarakat dapat menikmati pelayanan air minum. Terkait SWRO di Nusa Lembongan, Bupati Suwirta beserta jajarannya akan melakukan langkah-langkah pengoptimalan SWRO tersebut agar masyarakat Nusa Lembongan dan Ceningan dapat memperoleh layanan air minum.

Terkait pelayanan air bersih di Klungkung, Bupati Suwirta beserta jajaran sudah menyiapkan proposal Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Bupati Suwirta melaksanakan Penandatanganan Nota Kesepakatan secara simbolis bersama Kasubdit Wilayah III Direktorat Air Minum, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Ade Syaiful Rachman, disaksikan jajaran Direktorat Jenderal Cipta Karya kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kepala Balai Prasaranan Pemukiman Wilayah Bali I Nyoman Sutresna, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klungkung Ida Bagus Mas Ananda, beserta instansi terkait. *wan

Komentar