nusabali

Giri-Asa Janjikan Vaksin Covid-19 Gratis

Debat Terbuka Ketiga Pilkada Badung 2020

  • www.nusabali.com-giri-asa-janjikan-vaksin-covid-19-gratis

Paslon Giri-Asa akan menggratiskan vaksin Covid-19 bagi seluruh masyarakat dan wisatawan yang datang ke Badung.

MANGUPURA, NusaBali
Pasangan Calon (Paslon) Bupati Badung dan Wakil Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta–I Ketut Suiasa (Giri-Asa) berjanji akan memberikan vaksin Covid-19 secara gratis kepada seluruh masyarakat Badung jika vaksin sudah tersedia. Bahkan akan mengupayakan agar vaksin secara gratis juga diberikan kepada seluruh wisatawan yang datang ke Badung. Hal ini sebagai upaya merecovery sektor pariwisata yang menjadi tumpuan utama.

Hal tersebut disampaikan Giri-Asa dalam debat terbuka ketiga yang diselenggarakan oleh KPU Badung, Jumat (27/11), di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Kecamatan Kuta Selatan pada pukul 19.00 hingga 21.00 Wita. Debat terbuka tahap ketiga tersebut disiarkan langsung di stasiun televisi dan live streaming di channel youtube milik KPU Badung.

Penegasan tersebut sekaligus menjawab pertanyaan Dr dr Dewa Ayu Putri Sri Masyeni SpPD KPTI selaku Ketua Satgas Covid-19 Universitas Warmadewa, saat menyinggung vaksin Covid-19. Menurut Giri Prasta, bila vaksin sudah tersedia maka seluruh masyarakat Badung akan diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin secara gratis. Begitu pula terhadap wisatawan yang datang ke Badung.

“Kami juga akan mengupayakan agar wisatawan mendapatkan vaksin gratis. Ini upaya kami dalam recovery pariwisata,” kata Giri Prasta.

Calon Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menegaskan biaya vaksin akan ditanggung oleh Pemkab Badung. “Apabila ada vaksin, kami akan memberikan gratis kepada masyarakat. Vaksin akan dibayarkan oleh pemerintah daerah.”

Bahkan, lanjut Suiasa, wisatawan yang akan datang ke Bali khususnya Badung tidak perlu khawatir, sebab Badung sudah menerapkan standar yang ketat dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes). Baik itu di tempat wisata, hotel, maupun restoran telah menerapkan prokes sesuai arahan pemerintah daerah yang tertuang dalam Perbup Nomor 52 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dalam Tatanan Kehidupan Era Baru.

Saat panelis menanyakan strategi agar Badung tidak ketergantungan kepada sektor pariwisata khususnya pajak hotel dan restoran (PHR), Giri Prasta dengan tegas mengatakan akan mensinergikan Badung Utara dan Badung Selatan. Giri Prasta juga bakal membangun sektor pertanian kontemporer di Badung Utara. Harapannya hasil produksinya bisa terserap oleh kalangan perhotelan dan restoran di Badung Selatan.

“Jadi kebutuhan hotel (seperti buah-buahan dan sayur, Red) akan didrop dari Badung Utara,” tandas Giri Prasta.  Untuk diketahui, pada debat ketiga mengangkat tema ‘Kebijakan dan Strategi Penanganan, Pencegahan, dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)’. Adapun moderator pada debat terbuka ketiga yakni Dr Drs AA Gede Oka Wisnumurti MSi dari FISIP Universitas Warmadewa. Sementara panelisnya masing-masing, Dr dr Dewa Ayu Putri Sri Masyeni SpPD KPTI selaku Ketua Satgas Covid-19 Universitas Warmadewa, Prof Dr dr AA Wiradewi Lestari SKed SpPK dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Dr I Gusti Wayan Murjana Yasa SE MSi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Prof Dr I Wayan Parsa SH MHum dari Fakultas Hukum Universitas Udayana, dan Prof Ni Made Ernawati MATM PhD dari Politeknik Negeri Bali.

Sementara Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta mengajak seluruh masyarakat Badung untuk datang ke TPS pada 9 Desember 2020 mendatang. “Mari kita sukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung dengan datang ke TPS dan gunakan hak pilih secara bijak,” kata Semara Cipta. *asa

loading...

Komentar