nusabali

Proyek Taman Desa Percantik Kemenuh

  • www.nusabali.com-proyek-taman-desa-percantik-kemenuh

GIANYAR, NusaBali
Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, salah satu dari 24 desa wisata di Kabupaten Gianyar.

Tahun 2020 ini, desa  yang terletak di ujung timur laut Kecamatan Sukawati ini mendapatkan proyek penataaan taman desa wisata senilai Rp 199.540.000, dan penataan lanskap desa Rp 99.550.000.

Dengan taman tersebut, wajah desa ini akan tambah cantik sekitar 600 meter dari arah utara desa atau arah Ubud. Sedangkan dari arah selatan, taman desa terutama telajakan warga, sudah tampak asri. Progres proyek taman tersebut menjadi perhatian salah seorang anggota DPRD Gianyar dari Dapil Ubud, Desak Putu Tirta.

Kepada NusaBali, Kamis (26/11), Desak Putu Tirta mengatakan dirinya telah meninjau langsung proyek tamanisasi tersebut, Senin (23/11). Dia mengaku wajib mengkawal proyek ini agar hasil kerjanya tetap berkualitas. Selain kualitas tarjaga dengan taat bestek, penggarapan proyek juga harus sesuai skedul atau tepat waktu. ‘’Dari hasil monev kami di lapangan, progres kerja taman desa ini sudah berjalan normal. Tak ada halangan,’’ ujar wakil rakyat asal Desa Kemenuh ini.

Desak Putu Tirta mengharapkan, setelah proyek ini selesai akhir Desember 2020, rekanan agar tetap merawat sesuai kontrak kerja. Selanjutnya, taman desa ini agar dijaga dan dirawat secara bersama-sama oleh masyarakat dan Pemerintahan Desa Kemenuh. Karena, menurutnya, hasil kerja proyek taman berbeda dengan proyek fisik umumnya. Jika proyek taman berisi tanaman hias hingga sangat membutuhkan perhatian, dan pemupukan bahkan pemangkasan tanaman. Perawatan berupa penyiraman sangat penting terutama saat musim panas. ‘’Mari rawat taman ini karena terbukti dapat mempercantik wajah desa. Jika desa tampak indah, maka kita pun senang,’’ ujarnya.  

Sementara itu, Kabid Pertamanan Dinas PUPR Gianyar Putu Damayanti mengatakan proyek taman desa di Kemenuh ini digarap sejak 9 Nopember - 23 Desember 2020, atau 45 hari. Panjang planter atau penanaman pada kotak tanaman di pinggir jalan desa sepanjang 600 meter.  Proyek ini dibiayai dari dana hibah pariwisata karena Desa Kemenuh termasuk salah satu desa wisata di Gianyar. ‘’Capaian kerja proyek di atas 50 persen. Sudah sesuai skedul. Tentu, proyek ini akan terus kami evaluasi,’’ ujarnya.

Perbekel Desa Kemenuh Dewa Nyoman Neka sangat menyambut baik langkah Pemkab Gianyar yang meluncurkan proyek pertamanan desa di Kemenuh. Proyek ini, jelas dia, sejurus dengan langkah-langkah Pemerintah Desa bersama masyarakat Desa Kemenuh dalam mempercantik wajah desa sebagai desa wisata yang dikenal pihak luar. *lsa

loading...

Komentar