nusabali

Mengenang Momen Maradona Hadapi Timnas

  • www.nusabali.com-mengenang-momen-maradona-hadapi-timnas

DENPASAR, NusaBali
Diego Maradona mencetak dua gol ke gawang Indonesia di Piala Dunia Junior 1979.

Setelah itu, dia pernah ke Indonesia pada 2013. Saat itu, Skuad Garuda Muda beruntung berlaga dalam turnamen di Jepang. Sebab, Indonesia sebetulnya tidak lolos kualifikasi, namun Irak sebagai salah satu perwakilan Asia bersama Korea Selatan memilih mengundurkan diri dan beberapa negara lain menolak menggantikan hingga akhirnya jatah tersebut jatuh kepada Indonesia.


Masuk Grup B, Indonesia langsung melawan Argentina yang dimotori Maradona muda pada pertandingan pertama. Saat itu Argentina yang favorit juara menang besar 5-0 di Stadion Omiya. Maradona dua kali membobol gawang Indonesia, dan Ramon Diaz mengemas hat-trick.

"Kelas Maradona sebagai pemain memang berbeda beberapa tingkat dengan kami," kenang David Sulaksmono, gelandang Indonesia U-20 saat itu. "Sayang, foto-foto kenangan saat berjibaku dengannya di lapangan hilang."

Meski jadi bulan-bulanan, pelatih Indonesia Sutjipto Suntoro mengaku tidak kecewa. "Biar kalah, saya tetap senang. Para pemain bermain dengan semangat tinggi."

Indonesia harus rela menjadi juru kunci grup setelah dicukur Polandia 6-0 dan Yugoslavia 5-0 dalam dua laga berikutnya. Sedangkan Argentina terus melaju hingga ke tangga juara, setelah mengalahkan Uni Soviet 3-1 di final. Maradona pun terpilih sebagai pemain terbaik turnamen itu.

Prestasi di tingkat junior itu jadi preview dari kejayaan lebih besar yang kelak diraih Maradona bersama tim utama Argentina: juara Piala Dunia 1986. *

loading...

Komentar