nusabali

Lagi, Ditemukan Mulut Goa Berjarak 25 Meter dari Temuan Pertama

  • www.nusabali.com-lagi-ditemukan-mulut-goa-berjarak-25-meter-dari-temuan-pertama

Bersamaan dengan ditemukannya goa kedua, Senin kemarin, tim Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Buleleng terjun ke lokasi goa misterius untuk melakukan pendataan awal

Pasca Heboh Temuan Goa Misterius Seputar Areal Pura Lebah, Desa Pakraman Suwug, Buleleng


SINGARAJA, NusaBali
Krama Banjar Sabi, Desa Suwug, Kecamatan Sawan, Buleleng kembali menemukan goa di areal Pura Lebah, Senin (31/10) sore. Goa kedua ini posisinya sekitar 25 meter arah selatan dari goa misterius yang telah ditemukan empat hari sebelumnya, Kamis (27/10) lalu.

Goa kedua yang baru ditemukan Senin sore pukul 16.00 Wita, memiliki ukuran hampir sama dengan goa misterius sebelumnya. Mulut goa memiliki tinggi sekitar 1,8 meter, dengan lebar mencapai 1,7 meter. Goa kedua ini ditemukan krama saat mereka ngaturang ayah menggali goa misterius sebelumnya. Ketika itu, krama sedang menjejaki aliran air yang mengalir di depan goa misterius ke arah selatan, yang medannya cukup terjal dan dipenuhi semak belukar.

Seperti halnya goa misterius temuan sebelumnya, mulut goa kedua yang ditemukan kemarin sore juga menghadap ke arah timur. Lokasinya sekitar 25 meter arah selatan goa misterius. Hanya saja, posisinya di tebing yang lebih tinggi dari goa misterius.

Awalnya, diameter mulut goa yang terlihat tidak lebih dari 50 cm. Namun, setelah semak belukar yang menutupinya dibersihkan warga, goa kedua ini memiliki ukuran sama dengan goa misterius sebelumnya. Kepala Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Suwug, I Gede Arnawa, sore kemarin terjun ke lokasi temuan goa baru ini, bersama Kelian Desa Pakraman (Bendesa) Suwug, I Wayan Nawa, dan sejumlah krama.

Gede Arnawa dan Bendesa Wayan Nawa sepakat untuk tunda dulu penggalian goa te-muan kedua ini. “Kami akan fokus dulu penggalian goa misterius yang ditemukan pertama (Kamis). Setelah ketemu ujungnya, baru dilanjutkan ke sini, apakah tembus atau tidak?” ujar Gede Arnawa saat ditemui NusaBali di lokasi goa, Senin sore.

Dengan ditemukannya kembali goa kemarin sore, menurut Arnawa, pihaknya akan terus akan mencari goa-goa yang diperkirakan masih ada tersebar di sekitaran kawasan suci Pura Lebah, Desa Pakraman Suwug ini. Dalam waktu dekat, pihaknya akan menguji alur goa misterius menggunakan asap. Jika goa tersebut tembus ke goa yang baru ditemukan kemarin sore, maka akan dilakukan penggalian lebih lanjut.


SELANJUTNYA . . .

Komentar