nusabali

KPU Badung Libatkan 72 Relawan Lipat Suara Suara

  • www.nusabali.com-kpu-badung-libatkan-72-relawan-lipat-suara-suara

MANGUPURA, NusaBali
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung mulai melakukan pelipatan surat suara Pilkada Badung 2020, Selasa (24/11).

Pelipatan surat suara melibatkan 72 orang relawan. Dalam tiga hari ke depan ditarget pelipatan suarat suara sudah selesai.

“Surat suara, Senin (23/11) kami terima dan langsung hari ini (kemarin) kami lakukan proses pelipatan. Pelipatan surat suara dilakukan di gudang KPU Badung, Jalan Kebo Iwa Nomor 38 Denpasar,” kata Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta.

Dalam proses pelipatan suara ini, KPU Badung melibatnya sebanyak 72 relawan. Targetnya, kata Kayun sapaan akrabnya, dalam tiga hari ke depan pelipatan surat suara sudah selesai. “Dari awal kami menargetkan pelipatan surat suara dilakukan tiga hari, yakni dari tanggal 24-26 November 2020,” ungkapnya.

Masing-masing relawan dalam proses pelipatan suara ini akan mendapatkan upah sebesar Rp 100 per lembar surat suara. Targetnya masing-masing relawan dapat menyelesaikan sebanyak 2.000 lembar per hari. Dengan begitu dalam sehari, relawan akan mendapatkan upah sebesar Rp 200.000. Pria asal Banjar Cabe, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal itu menegaskan meski menargetkan pelipatan surat suara hanya dalam waktu tiga hari ke depan, namun semua petugas yang mengerjakan dituntut mengutamakan kualitas.

“Tetap kami mengutamakan kualitas,” tegasnya. Begitu selesai dilipat, surat suara akan didistribusikan ke kantor desa/kelurahan. Sebelum kemudian dibawa ke tempat pemungutan suara (TPS). Di Badung sendiri tercatat ada 966 TPS yang tersebar di enam kecamatan. Adapun jumlah TPS per kecamatan sebagai berikut, di Kecamatan Mengwi 280 TPS yang tersebar di 20 desa/kelurahan. Kemudian di Kecamatan Abiansemal 208 TPS yang tersebar di 18 desa/kelurahan. Di Kecamatan Kuta Kuta Selatan 187 TPS yang tersebar di 6 desa/kelurahan. Di Kecamatan Kuta Utara 171 TPS yang tersebar di 6 desa/kelurahan. Di Kecamatan Kuta 77 TPS yang tersebar di 5 kelurahan, dan di Kecamatan Petang 73 TPS yang tersebar di 7 desa/kelurahan.

Sebelumnya diberitakan, surat suara sudah tiba di Kantor KPU Badung, Senin (23/11). Sebelum surat dikirim ke Kantor KPU surat suara tersebut disortir dulu dan selanjutnya yang rusak atau salah cetak langsung dimusnahkan. *asa

loading...

Komentar