nusabali

Pemkab Klungkung Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-turut

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-raih-opini-wtp-5-kali-berturut-turut

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung secara berturut-turut berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Klungkung Tahun Anggaran 2019.

Bahkan Kabupaten Klungkung ditetapkan meraih Opini WTP atas LKPD tahun 2019 dan meraih WTP 5 (lima) kali berturut-turut sejak 2015-2019. Penghargaan dari pemerintah pusat kepada Pemkab Klungkung diserahkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali Tri Budhianto,  diterima Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, di ruang rapat Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Klungkung, Selasa (24/11).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan rasa syukurnya atas keberhasilan Pemkab Klungkung mempertahankan opini WTP atas LKPD secara lima kali berturut-turut. WTP ini bukan tujuan semuanya, tetapi WTP ini sudah ada yang mengevaluasi. Yang paling penting kami bersama jajaran untuk kerja secara maksimal dengan memberikan yang terbaik dengan sepirit Gema Santi. ‘’WTP itu kita raih kelima kalinya dan juga meraih 10 besar Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat Nasional," katanya. Bupati Suwirta meminta jajarannya agar jangan terlalu terlena dengan WTP berturut-turut. Karena WTP harus dikawal dengan baik.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali Tri Budhianto menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Klungkung karena berhasil mempertahankan opini WTP dari BPK selama lima kali berturut-turut. Hal ini tentu tidak mudah, apalagi dari tahun ke tahun tantangan dan kriteria dari WTP itu semakin berat. Bahkan sekarang ini, pemeriksaan BPK tidak hanya fokus pada laporan keuangan saja, namun juga merambah ke kinerja. “Dari pengamatan kami selama setahun, Klungkung memang paling baik. Kinerja Pemkab Klungkung memang luar biasa. Ini prestasi, dan tidak mudah mempertahankan dengan kriteria yang semakin bertambah,” ujar Tri Budhianto.

Selain menerima piagam penghargaan, Pemkab Klungkung juga menerima plakat WTP karena telah mampu mempertahankan opini WTP selama lima kali berturut-turut dan dilanjutkan dengan sharing session pelaksanaan anggaran daerah tahun 2020 yang bersumber dari APBN. Hadir dalam acara tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Klungkung Luh Ketut Ari Citrawati, Kepala Inspektorat Klungkung I Made Seger, Kepala Dinas Pariwisata Klungkung, Kepala Dinas Pendidikan Dewa Gde Darmawan, dan undangan terkait. *wan

Komentar