nusabali

Pekerja Lipat Surat Suara Pilkada, Lima Rusak

  • www.nusabali.com-pekerja-lipat-surat-suara-pilkada-lima-rusak

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 384.971 lembar surat suara telah tiba, sementara ditemukan 5 lembar yang rusak. Pelipatan surat suara dilakukan di GOR Gunung Agung Amlapura, Jalan Untung Surapati Amlapura, Senin (23/11).

Pelipatan surat suara diharapkan tuntas pada, Selasa (24/11) hari ini. Surat suara diterima langsung Ketua KPU Karangasem Ngurah Gede Maharjana didampingi Divisi Keuangan, Umum dan Logistik I Gede Krisna Adi Widana.

Surat suara tersebut dibungkus dengan 193 dus. Sebanyak 192 dus masing-masing dus berisi 2.000 lembar, satu dus lagi berisi 971 lembar. Menurut Ngurah Gede Maharjana, surat suara didistribusikan untuk 1.115 TPS, untuk memenuhi kebutuhan 375.063 pemilih. Surat suara yang diterima sudah termasuk cadangan 2,5 persen. Sehingga surat suara yang nantinya didistribusikan, sudah termasuk cadangan 2,5 persen, tersebar di delapan kecamatan sesuai jumlah pemilih.

Jumlah pemilih di Kecamatan Abang sebanyak 62.037 pemilih, Kecamatan Bebandem sebanyak 42.173 pemilih, Kecamatan Karangasem sebanyak 73.431 pemilih, Kecamatan Kubu sebanyak 60.657 pemilih, Kecamatan Manggis sebanyak 41.442 pemilih, Kecamatan Rendang sebanyak 32.326 pemilih, Kecamatan Selat sebanyak 34.285 pemilih, dan Kecamatan Sidemen sebanyak 28.712 pemilih. Sebanyak 66 petugas pelipat surat suara dijaga ketat petugas KPU, mulai dari masuk GOR Gunung Agung mesti jaga jarak dan diperiksa suhu tubuhnya menggunakan thermo gun. Selanjutnya di GOR Gunung Agung semua petugas mesti jaga jarak, minimal satu sama lain jaraknya 1 meter.

Petugas pelipat surat suara dibagi empat tahapan, pertama menyortir, melipat, menghitung dan mengikat. Tiap satu ikat terdiri dari 20 lembar surat suara, hal itu sesuai ketentuan Peraturan KPU RI. “Secara teknis tidak ada kendala melipat surat suara, semua petugas menjalani protokol kesehatan dan pakai masker,” jelas I Gede Krisna Adi Widana. Mengenai lima surat suara yang rusak, ada yang salah cetak, ada yang robek, nantinya dibuatkan berita acara, selanjutnya diganti pihak percetakan yang menang tender.

Dua pasangan calon yang tarung di Pilkada Karangasem yakni I Gede Dana dan I Wayan Artha Dipa nomor urut 1 yang diusung PDIP dan Hanura, menantang incumbent I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Made Sukerana yang diusung Koalisi Karangasem Hebat (KKH) II, gabungan enam partai yakni Golkar, NasDem, Gerindra, Demokrat, Perindo, dan PKS. *k16

Komentar