nusabali

Pemkot Denpasar Jalin Kerjasama dengan Unud

Tingkatkan Kualitas SDM Bidang Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-jalin-kerjasama-dengan-unud

DENPASAR, NusaBali
Pengembangan kewirausahaan dan ekonomi kreatif di Kota Denpasar terus dilakukan Pemkot Denpasar.

Menjalin Kerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (FEB Unud) merupakan salah satu upaya percepatan program peningkatan kualitas SDM serta penguatan dan pengembangan kewirausahaan dan ekonomi kreatif di Kota Denpasar.

Upaya peningkatan kerjasama ini ditandai dengan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Kadis Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani dengan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unud, Agoes Ganesha Rahyuda PhD, yang dilaksanakan di Gedung Dharma Negara Alaya, Senin (23/11).

Penandatanganan MoU ini disaksikan langsung Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dan Rektor Universitas Udayana, Prof Dr dr AA Raka Sudewi Sp S(K). Hadir pula dalam acara tersebut Pj Sekda Kota Denpasar Made Toya, Kepala Cabang BPD Bali Denpasar, Putu Dharmapatni, Ketua Harian Bekraf Denpasar, Kabag Humas Pemkot Denpasar, Kabag Kerjasama Pemkot Denpasar, serta perwakilan Bank Indonesia  Bali.

Rektor Universitas Udayana, Prof Dr dr AA Raka Sudewi SpS(K),  mengatakan dalam menghadapi era industry 4.0 dan yang kali ini akan menuju revolusi industry 5.0 akan berdampak kepada perubahan yang sangat cepat dan massive serta dapat menyebabkan terjadinya transformasi pada berbagai aspek kehidupan. “Maka dari itu perlu kolaborasi serta kerjasama guna menciptakan generasi muda yang handal dan cakap untuk menghadapi perubahan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam kolaborasi kerjasama ini Unud mengikutsertakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan bisnis dalam melaksanakan magang selama satu semester (6 bulan) di bidang pengembangan kewirausahaan dan ekonomi kreatif yang dilaksanakan oleh Pemkot Denpasar.

Dengan adanya perjanian ini, bagi Universitas Udayana khususnya pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis dapat lebih berkontribusi bagi masyarakat luas dalam mengimplementasikan Tri Dharma perguruan tinggi yang meliputi Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra menegaskan Pemkot Denpasar telah berkomitmen dalam memfasilitasi infrastruktur dan regulasi guna terciptanya ekosistem bisnis yang berkelanjutan dimana memberikan kesempatan dan peluang untuk ekonomi tradisional itu agar dapat berinteraksi dan berkolaborasi dengan ekonomi modern menuju revolusi industry itu sendiri atau yang disebut dengan orange economic.  

Berbagai inovasi dan kreatifitas yang dihasilkan baik oleh calon calon pelaku industri maupun para praktisi tentu memerlukan wadah untuk saling bertukar ide dan berbagi pengalaman.

Oleh karena itu Gedung Dharma Negara Alaya dihadirkan sebagai inkubator bisnis dan ruang konservasi yang refresentatif guna mendorong tumbuhnya pelaku ekonomi kreatif.  

"Pembangunan Gedung Dharma Negara Alaya Art and Creatif Hub ini adalah untuk menjawab kebutuhan akan tempat yang refresentatif bagi lahirnya enterprenaeur yang bertalenta yang nanti nya mampu mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat," kata Rai Mantra.

Selebihnya Rai Mantra menyampaikan bahwa MoU dengan Unud ini terinspirasi dari pengembangan ekonomi kreatif di kota kota di luar negeri seperti di Perth, Australia. Kehadiran pemerintah dan perguruan tinggi dapat mendorong tumbuhnya star up star up baru yang nantinya akan berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat yang nantinya dapat mendukung ekonomi regional dan nasional.  

"Kami berharap dengan kerjasama ini kedepan dapat melahirkan wirausaha wirausaha muda yang kreatif dan inovatif berbasis potensi budaya lokal," pungkas Rai Mantra. *mis

Komentar