nusabali

Kalah Saing di Rantauan Berpotensi Jadi KK Miskin Baru

  • www.nusabali.com-kalah-saing-di-rantauan-berpotensi-jadi-kk-miskin-baru

SEMARAPURA, NusaBali
Sejumlah warga Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, yang selama ini tinggal dan bekerja di rantauan memilih pulang ke kampung halamannya. Salah satu penyebabnya karena tidak sanggup bersaing.

Namun, untuk warga yang ekonominya kurang mampu tentu berpotensi menjadi KK miskin baru. Kondisi ini ditemukan oleh Bupati I Nyoman Suwirta saat menggelar bedah desa di Desa Batukandik, Nusa Penida, pada Sabtu (22/11).

"Penuntasan kemiskinan hampir selesai, tetapi mereka pulang dari rantauan akan menjadi keluarga miskin baru. Kami berharap para kadus bisa memberikan pemahaman agar tidak memisahkan bapak ibunya untuk dibuatkan KK baru," harap Bupati Suwirta, saat ditemui Minggu (23/11).

Lebih lanjut, sejalan dengan Peraturan Bupati Klungkung yang sedang dirancang dan Permendes Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, pengentasan kemiskinan bisa dilakukan oleh desa sendiri dengan menggunakan dana desa atau dana alokasi desa. Seperti membantu bedah rumah, rehab rumah maupun pemberian sembako.

Sementara itu, Perbekel Desa Batukandik, Wayan Katon menjelaskan Desa Batukandik terdiri dari 8 dusun, 16 banjar adat dan 3 desa adat. Luas wilayah Desa Batukandik 203, 686 Ha, ketinggian 399 m dari permukaan laut dengan 1.477 KK dan jumlah penduduk 5.605 orang. "Untuk jumlah rumah tangga miskin (RTM) mencapai 574 KK," ujar Wayan Kayon. Selain itu di Desa Batukandik terdapat 16 orang dalam gangguan jiwa (ODGJ). *wan

loading...

Komentar