nusabali

Tiga Kandidat Tarung Pemilos SMA PGRI Amlapura

  • www.nusabali.com-tiga-kandidat-tarung-pemilos-sma-pgri-amlapura

AMLAPURA, NusaBali
SMA PGRI Amlapura, Karangasem menggelar pemilihan OSIS (Pemilos) secara online. Tiga kandidat ikut tarung merebut posisi Ketua OSIS.

Para kandidat telah sampaikan visi misi sekaligus debat di media sosial. Sebanyak 560 siswa dan 85 guru serta pegawai tata usaha akan menyalurkan hak pilihnya. Pemilos SMA PGRI Amlapura digelar tiga tahap.

Kasek SMA PGRI Amlapura, I Ketut Jelantik, mengatakan Pemilos tahun ini prosesnya terpanjang. Pemilos digelar dari pukul 06.00 Wita-21.00 Wita. Kelas X dapat jadwal memilih dari pukul 06.00 Wita – 11.00 Wita. Kelas XI dari pukul 11.00 Wita – 19.00 Wita dan kelas XII dari pukul 19.00 Wita – 20.00 Wita. Penghitungan suara pukul 21.00 Wita. Tiga kandidat yang tarung posisi ketua yakni Kadek Arya Wiwekananda, Ni Kadek Rika Dwi Wantari, dan I Komang Suardiana.

Ketiga calon telah memaparkan visi misinya melalui media sosial dan website sekolah. Mereka telah mengikuti debat di medsos. Pemenang Pemilos SMA PGRI Amlapura menggantikan Ketua OSIS Ni Kadek Pricilia Meikayanti. Tahapan Pemilos SMA PGRI dikoordinasikan Wakasek Humas I Gede Aries Pidrawan bersama Ketua Panitia Ni Kadek Pricilia Meikayanti. “Ini Pemilos SMA PGRI Amlapura yang pertama secara online karena tidak memungkinkan menghadirkan siswa ke sekolah, mengingat masih pandemi Covid-19,” jelas Ketut Jelantik, Jumat (20/11).

Ketut Jelantik mengatakan, Pemilos online lebih praktis, lebih inovatif dengan memanfaatkan teknologi. Siswa cukup menyalurkan aspirasi pilihannya melalui HP android yang telah dilengkapi aplikasi. “Begitu buka aplikasi Pemilos SMA PGRI, kelihatan tiga calon, siswa hanya memilih satu calon, tidak bisa memilih dua kali karena telah dibuatkan sistem seperti itu,” jelas Ketut Jelantik. Pemilihan diatur bertahap agar tidak krodit, sehingga selesai pemilihan pukul 21.00 Wita. “Begitu selesai memberikan pilihan, pemenangnya langsung kelihatan,” imbuhnya.

Pemilos SMA PGRI Amlapura dijamin berlangsung demokrasi, dijamin tidak ada kecurangan. Pemilos merupakan pembelajaran berdemokrasi yang baik untuk pemilih pemula yakni siswa SMA. Justru pemilu legislatif dan pilkada belum berlangsung demokratis seperti yang telah dilakukan SMA PGRI Amlapura dan SMA/SMK lainnya yang melakukan Pemilos online. Sebagai calon-calon pemimpin yang baik, tidak ada salahnya mengawali aktif di OSIS. *k16

loading...

Komentar