nusabali

Buleleng Songsong Zona Hijau

Nihil Kasus Konfirmasi Baru

  • www.nusabali.com-buleleng-songsong-zona-hijau

Dukungan disiplin masyarakat Buleleng terhadap protokol kesehatan akan membantu tercapainya zona hijau.

SINGARAJA, NusaBali
Perkembangan kasus Covid-19 di Buleleng Jumat (20/11) nihil kasus konfirmasi baru. Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana pun optimis Buleleng dapat segera ke zona hijau seperti yang ditargetkan sepanjang pandemi Covid-19 hingga saat ini.

Selain nihil kasus konfirmasi baru, data Satgas Covid-19 Buleleng menunjukkan capaian tingkat kesembuhan yang baik. “Buleleng dari kemarin (Kamis, 19/11) sudah zona kuning dan hari ini zero kasus konfirmasi baru, sembuhnya enam  orang, sehingga terus kita galakkan pemakaian masker,” jelas Bupati Agus Suradnyana yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19.

Enam  pasien yang dinyatakan sembuh berasal dari Kecamatan Buleleng sebanyak 3 orang, Kecamatan Seririt 2 orang dan Kecamatan Busungbiu 1 orang. Keenam orang pasien sembuh itu menambah jumlah pasien sembuh kumulatif sebanyak 1.029 orang dari total kasus konfirmasi 1.104 orang. Rasio kesembuhan pasien Covid-19 di Buleleng kembali meningkat mencapi angka 93,20 persen.

Agus Suradnyana pun mengatakan upaya mencapai zona hijau cukup melakukan dan disiplin penerapan protokol kesehatan. Pemerintah daerah pun terus melakukan edukasi dan contoh riil pejabat dan ASN Pemkab Buleleng yang menjadi teladan masyarakat Buleleng. “Disiplin menggunakan masker sekarang tidak bisa dipaksa-paksa, yang penting kemampuan edukasi dan contohnya yang ketat. Kalau di ASN ketat pasti masyarakat akan mencontoh,” tegas dia.

Sementara itu Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng juga mencatat ada pasien dari  Kecamatan Busungbiu meninggal dunia dalam masa isolasinya di RSUD Buleleng pada Kamis (19/11). Pasien yang ditangani RSUD Buleleng sejak Selasa (10/11) lalu atas rujukan salah satu rumah sakit swasta di Buleleng.

Rekam medis pasien mengalami lemas, pucat, sesak, batuk dan diare sejak Jumat (6/11) lalu. Pasien diantarkan keluarga dan memutuskan menjalani perawatan sejak Sabtu (7/11) di rumah sakit swasta di Buleleng. Pria lansia itu menambah kasus meninggal dunia akibat Covid-19 dengan data terakhir berjumlah 56 orang. *k23

Komentar