nusabali

Jumat Berbagi, Bupati Artha Bantu Warga Korban Bencana

  • www.nusabali.com-jumat-berbagi-bupati-artha-bantu-warga-korban-bencana

NEGARA, NusaBali
Seperti hari Jumat sebelumnya, Bupati Jembrana I Putu Artha kembali berkeliling memberikan bantuan kepada warganya yang kurang beruntung. Jumat (20/11), Bupati Artha menyambangi tiga warga di Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara.

Pada kunjungan pertama, Bupati Artha menyambangi Gusti Ngurah Putu Wijaya di Lingkungan Tinyeb, yang rumahnya roboh akibat bencana hujan lebat disertai angin kencang, Rabu (18/11) lalu. Rumah yang satu atap dengan dapur itu, sehari-hari ditempati Wijaya bersama ibunya, Ni Komang Kari, 66. “Memang kondisi rumah ini sudah tua. Syukurnya saat musibah, tidak ada orang di dalam,” ucap Wijaya di hadapan Bupati Artha.

Wijaya yang hanya tinggal bersama ibunya,  berharap mendapat bantuan dari pemerintah. Pasalnya, dia maupun ibunya, tidak punya biaya untuk memperbaiki kerusakan rumahnya itu. Sementara ini, Wijaya bersama ibunya juga mengungsi ke rumah saudaranya. “Mudah-mudahan bisa dibantu. Karena selama ini, kondisi rumah kami memang tidak layak. Agar saat hujan, tidak bocor lagi,” sambung Wijaya

Saat memantau kondisi rumah warganya yang roboh itu, Bupati Artha meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Jembrana secepatnya melakukan verifikasi korban bencana itu untuk bisa diusulkan mendapat bantuan.  “Silakan didata agar cepat bisa diusulkan. Seperti didaftarkan untuk mendapat bantuan subsidi perumahan swadaya,” ujar Bupati Artha yang turun bersama Sekda Jembrana, I Made Sudiada, dan sejumlah Pimpinan OPD Pemkab Jembrana.

Bupati Artha menambahkan, musibah memang  tidak bisa diprediksi. Karena itu, semua warga hendaknya berhati-hati. Apalagi saat ini iklim tidak menentu. “Kita berharap semua tetap waspada. Terutama saat musim hujan ini,” ucap Bupati Artha yang juga menyerahkan bantuan sosial berupa sembako serta peralatan dapur yang diterima langsung oleh ibu Wijaya, Ni Komang Kari,66.

Di lokasi berikutnya, Bupati Artha menjenguk warganya yang tengah sakit. Diantaranya, I Nyoman Semadi,55, dan Ni Komang Susilawati,31. Keduanya mengalami kelumpuhan sehingga tidak dapat beraktivitas dengan normal.  Berkenaan warganya yang sakit ini, Bupati Artha meminta kepada pihak kesehatan agar selalu melakukan pengecekan kesehatan. Serta memfasilitasi jika sewaktu-waktu diperlukan. “Saya minta para petugas kesehatan baik Dinas Kesehatan dan pihak Puskesmas agar memperhatikan kondisi warga secara rutin. Fasilitasi mereka jika diperlukan sewaktu-waktu ke RSU yang dikehendaki. Kita harapkan kondisinya akan segera pulih kembali,” tegas Bupati Artha, yang juga memberikan bantuan sembako serta uang tunai kepada dua warganya tersebut. *ode

loading...

Komentar