nusabali

KPU Bali Optimis Partisipasi Pemilih Tembus 85%

Walau Pilkada 2020 Digelar di Tengah Pandemi

  • www.nusabali.com-kpu-bali-optimis-partisipasi-pemilih-tembus-85

DENPASAR, NusaBali
Walau digelar di tengah pandemi Covid-19, namun partisipasi pemilih di  Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang diprediksi masih tetap tinggi.

KPU Provinsi Bali bahkan target angka partisipasi pemilih di Pilkada nanti tembus 85 persen atau meningkat dibandingkan Pileg 2019 lalu yang sebesar 83,5%. Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gde Lidartawan, di Denpasar, Jumat (20/11) mengatakan KPU RI menarget secara nasional partisipasi pemilih 77,5 %. Namun KPU Bali lebih tinggi sedikit menargetkan karena pada Pileg 2019 lalu angkanya tembus 83,5 %. Walaupun kondisi pandemi Covid-19 menurut Lidartawan tidak menurunkan target KPU Bali mewujudkan angka partisipasi 85%.

"Kondisi pandemi Covid-19 tidaklah sampai menurunkan target. Kalau menurunkan target kan sama menyerah. Kita tidak turunkan target. Kita optimis bisa meningkatkan partisipasi dari 83,5% menjadi 85% pada Pilkada serentak 2020 nanti," ujar Lidartawan usai mendampingi Komisioner KPU RI, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, dalam Rakor Strategi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat (Parmas) di Gianyar, Jumat kemarin.

Lidartawan mengatakan untuk mengangkat partisipasi ini memang penuh tantangan karena masa pandemi Covid-19. "Tetapi kan sekarang kasus positif agak melandai. Artinya masyarakat juga sudah mulai disiplin dalam penerapan Prokes (protokol kesehatan). Nah ini penting buat kami di KPU Bali dan KPU kabupaten/kota masuk menyadarkan masyarakat bahwa sekarang ini ada Pilkada. Jadi sosialisasinya gencarkan karena kasus positif Covid-19 sudah agak melandai," tegas mantan Ketua KPU Kabupaten Bangli ini.

Dikatakan Lidartawan sosialisasi KPU Provinsi Bali untuk meningkatkan partisipasi di Pilkada serentak nanti digencarkan dengan menggandeng pihak Desa Adat, Parisada Hindu Dharma (PHDI) Provinsi Bali, para penyelenggara adhoc seperti KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara), di tingkat Banjar, sampai dengan panitia pemilihan kecamatan (PPK). "Kami optimistis lah target kita melampaui target KPU RI yang targetnya 77,5 %," beber Lidartawan.

Sementara Anggota KPU RI Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, turun ke Bali melakukan rapat koordinasi strategi pelaksanaan sosialisasi menuju pemungutan suara dengan awak KPU kabupaten dan kota, Provinsi Bali di Bali Zoo, Gianyar, Jumat (20/11).

Raka Sandi menyebutkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat (Parmas) di Pilkada 2020 peran KPU sangat penting. Namun akan makin kuat ketika keterlibatan penyelenggara adhoc semakin massif mendorong partisipasi masyarakat di pemilu. "Kita harus optimis untuk mendorong partisipasi masyarakat," ujar Raka Sandi dalam rilis KPU Bali kemarin. *nat

loading...

Komentar