nusabali

Kapolri Lantik Irjen Putu Jayan Danu Putra sebagai Kapolda Bali, Tepat di HUT Ke-53

  • www.nusabali.com-kapolri-lantik-irjen-putu-jayan-danu-putra-sebagai-kapolda-bali-tepat-di-hut-ke-53

JAKARTA, NusaBali
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis resmi melantik Irjen Pol Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra menjadi Kapolda Bali menggantikan Irjen Pol Petrus Reinhard Golose yang dimutasikan di Pati Bareskrim Mabes Polri.

Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra adalah lulusan Akpol 1989  yang berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Pelantikan pada Jumat (20/11) ini terasa istimewa karena dilakukan bertepatan dengan ulang tahun ke-53 Irjen Putu Jayan Danu.

Pelantikan dilakukan dalam prosesi serah terima jabatan yang digelar secara tertutup di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Jakarta.  "Telah sertijab ada delapan jabatan Kapolda, ada Koorsahli Kapolri, Kadiv Propam dan Aslog Kapolri," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono.

Serah terima jabatan tersebut sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (TR) nomor ST/3222/XI/KEP./2020 tertanggal 16 November 2020 yang ditandatangani oleh As SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan mewakili Kapolri Jenderal Idham Azis.

Selain Kapolda Bali, juga dilakukan serah terima jabatan para perwira tinggi Polri lainnya, di antaranya adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana digantikan Irjen Pol Fadil Imran  yang sebelumnya Kapolda Jawa Timur.

Selanjutnya Irjen Pol Ahmad Dofiri dimutasi dari Aslog Kapolri menjadi Kapolda Jawa Barat menggantikan Irjen Pol Rudy Sufahriadi. Irjen Pol Baharudin Djafar yang sebelumnya merupakan Kapolda Maluku dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Koorsahli Kapolri Irjen Pol Refdi Andri ditunjuk untuk mengisi kursi Kapolda Maluku. Kemudian Irjen Pol Nico Afinta yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalsel dipromosikan menempati jabatan Kapolda Jatim.

Kapolda Malut Irjen Pol Rikwanto ditunjuk untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Nico yakni Kapolda Kalsel. Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Risyapudin Nursin selanjutnya dipercaya sebagai Kapolda Malut. Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi diangkat untuk menempati Aslog Kapolri.

Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. 1 Sespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo diangkat menjadi Kapolda Jambi. Kemudian Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo dipercaya menduduki jabatan Kadiv Propam Polri.

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis meminta delapan kapolda yang baru dilantik untuk melakukan persiapan pengamanan terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020.

"Pertama, terkait perintah kepada para kapolda yang menjabat agar segera mempersiapkan personelnya, laksanakan pengamanan Pilkada Serentak pada tanggal 9 Desember 2020," kata Awi Setiyono menyampaikan amanat Kapolri.

Kemudian Kapolri Idham Azis juga menekankan kepada kapolda untuk memastikan seluruh jajaran Polri menjaga netralitas Korps Bhayangkara dalam pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Kapolri juga memerintahkan seluruh jajaran Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) untuk mempersiapkan pengamanan menjelang libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. "Bagaimanapun dalam situasi pandemi Covid-19 ini tentunya kegiatan keagamaan teman-teman kita yang beragama Nasrani merayakan Natal dan perayaan malam Tahun Baru tentunya ini juga harus menjadi prioritas pengamanan Polri sehingga kehadiran Polri betul-betul dirasakan masyarakat," kata Awi.

Selain itu, para kapolda juga diharapkan melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan empati dan simpati masyarakat serta menggelar operasi kegiatan pelayanan di masa pandemi saat ini.

"Dalam masa pandemi tentunya kegiatan-kegiatan pemberian bantuan kepada masyarakat, bansos, memberikan masker, hand sanitizer dan lain-lain sangat membantu sekali terhadap pencegahan maupun pemutusan penyebaran rantai Covi-19," kata Awi.*ant

Komentar