nusabali

Italia dan Belgia Lengkapi Final Four

Kemenangan Gli Azzurri Hadiah buat Mancini

  • www.nusabali.com-italia-dan-belgia-lengkapi-final-four

SARAJEVO, NusaBali
Italia dan Belgia melengkapi tim yang lolos ke semifinal (final four) UEFA Nations League 2020/2021.

Italia mewakili tim Grup A1 yang lolos ke semifinal. Gli Azzurri lolos, usai mengatasi perlawanan Bosnia & Herzegovina 2-0, di Sarajevo, Kamis (19/11) dinihari Wita.

Italia jadi pemuncak klasemen grup dengan 12 poin dari enam laga. Lalu Belanda sebagai posisi runner-up dengan 11 poin, usai mengalahkan tuan rumah Polandia 2-1.

Sedangkan Belgia menjadi wakil Grup A2, usai memuncaki klasemen setelah menang 4-2 atas Denmark pada laga terakhir, Kamis dinihari Wita. Inggris gagal ke final four, setelah pada laga pamungkas menag 4-0 ata Islandia 4-0 di Wembley Stadion, London, Kamis dinihari Wita.

Dua tiket semifinal sudah diambil Prancis dan Spanyol. Prancis jadi tim pertama yang ke empat besar, usai menang 1-0 atas Portugal, sekaligus menyingkirkan juara bertahan itu. Lalu Prancis menutup fase grup dengan kemenangan 4-2 atas Swedia, Kamis dinihari Wita.  Prancis finis dengan 16 poin dan tak terkalahkan. Sedangkan Spanyol lolos ke semifinal dari Grup 4, usai menggilas Jerman 6-0 pada Rabu dinihari WIB.

Undian semifinal UEFA Nations League akan digelar pada 3 Desember 2020. Namun laga semifinal baru akan dimainkan pada 6-7 Oktober 2021.

Sementara sukses Gli Azzurri ke final four, sebagai hadiah untuk pelatih Roberto Mancini, yang sedang dikarantina usai terpapar Covid-19.

Baik skuad Italia maupun Bosnia sama-sama diserang Covid-19.

Italia ke Sarajevo tanpa pelatih Mancini yang terpapar virus corona. Demikian pula sejumlah pemain Bosnia seperti striker Roma Edin Dzeko dan bek kiri Arsenal Sead Kolasinac.

"Para pemain telah memberikan hadiah hebat untuk Mancini yang saat ini sudah pasti sangat puas," kata asisten pelatih Italia Alberico Evani.

Mancini menangani juara dunia empat kali itu, setelah gagal masuk putaran final Piala Dunia 2018. Setelah lolos ke Piala Eropa tahun depan, Italia juga sukses di Nations League setelah tiga kali menang dan tiga kali seri.

"Kami menunggu bertemu dengan tim-tim terbaik di Eropa pada putaran final guna melihat level apa yang sudah kami capai," kata Evani.

Sedangkan pada laga Grup A1 lainnya, Belanda memukul tuan rumah Polandia 2-1 di Stadion Silesian, Chorzow. Namun kemenangan itu tidak cukup meloloskan Belanda ke empat besar.

Belanda hanya pada posisi kedua klasemen dengan 11 poin, tertinggal satu poin dari Italia. Sedangkan Polandia di posisi ketiga dengan tujuh poin. *

loading...

Komentar