nusabali

Buleleng Kembali Masuk Zona Kuning Covid-19

  • www.nusabali.com-buleleng-kembali-masuk-zona-kuning-covid-19

SINGARAJA, NusaBali
Kabupaten Buleleng kembali berstatus sebagai daerah risiko rendah penyebaran Covid-19 di Provinsi Bali.

Perubahan status zona dari oranye ke kuning itu dinyatakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi per Rabu (18/11).

Penurunan status Covid-19 terjadi setelah Buleleng sempat bertahan di zona oranye hampir dua pekan terakhir. Padahal pada akhir Oktober lalu Buleleng dengan penanganan Covid-19 dan fluktuasi kasus yang terjadi sudah sempat meraih zona kuning selama sepekan.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng Gede Suyasa,  Kamis (19/11), mengatakan penurunan zona ke risiko rendah penularan Covid-19 merupakan kabar baik. Hanya saja Suyasa yang juga Sekda Buleleng ini tetap mewanti-wanti masyarakat tetap waspada menjaga protokol kesehatan. “Masyarakat agar melakukan 3 M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Sedangkan kami di pemerintah terus melakukan 3 T, tracing, tes dan treatmen untuk hasil lebih baik,” ucap Suyasa.

Upaya penanganan dan pencegahan terus digenjot Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng untuk mencapai target yang dicanangkan Gubernur Bali Wayan Koster Bali masuk zona hijau di bulan Desember mendatang alias tidak ada  kasus konfirmasi baru yang ditemukan di masyarakat.

Indikator yang harus dipeuhi lainnya adalah angka kesembuhan tinggi, menekan kasus kematian, uji sampel swab lebih banyak, ruang isolasi di rumah sakit rujukan hingga karantina hotel bagi Orang Tanpa Gejala dan Gejala Ringan (OTG-GR). “Buleleng kemarin masih ada 2, 3, sempat ada 1, mudah-mudahan ke depannya tidak ada kasus lagi. Tentu ini membutuhkan kedisiplinan masyarakat,” tegas dia.

Sementara itu perkembangan kasus Covid-19 hingga Kamis (19/11) t ada penambahan 6 kasus konfirmasi baru. Sebanyak 3 kasus di Kecamatan Buleleng, 1 kasus masing-masing di Kecamatan Seririt, Tejakula dan Gerokgak. Selain itu Satgas Covid-19 juga mencatat 2 pasien Covid-19 sembuh dari Kecamatan Busungbiu dan Kecamatan Buleleng.

Fluktuasi kasus Covid-19 Buleleng yang melandai sejak dua bulan terakhir mengkalkulasi jumlah kasus konfimasi positif sebanyak 1.104 orang. Namun 1.023 orang diantaranya dinyatakan sembuh, 55 eninggal dunia dan 26 orang sisanya masih menjalani perawatan di rumah sakit dan karantina hotel yang disiapkan Satgas Provinsi Bali. *k23

Komentar