nusabali

Tiga Kandidat Tarung Pemilos Online SMKN Amlapura

  • www.nusabali.com-tiga-kandidat-tarung-pemilos-online-smkn-amlapura

AMLAPURA, NusaBali
SMKN Amlapura menggelar pemilihan OSIS (Pemilos) secara online, Kamis (19/11). Pemilos diikuti oleh tiga kandidat calon ketua dan calon wakil ketua.

Hasil rekapitulasi suara, pasangan Ni Luh Candrawati dan I Kadek Suastika terpilih sebagai pengurus baru dengan meraih 548 suara. Pasangan Luh Prita Valentine dan Ni Kadek Desi Pebrianti meraih 170 suara, sedangkan pasangan I Komang Adi Suputra Yasa dan Ni Kadek Sintya meraih 132 suara.

Guru Pembina I Made Yuli Arsana dan I Wayan Puja Astawa mengatakan, telah dua kali menggelar Pemilos. Tahun lalu juga digelar online namun siswa tetap hadir ke sekolah. Pemilih terbatas, hanya untuk siswa kelas X dan kelas XI karena siswa kelas XII masih PKL (praktek kerja lapangan). Pemilos tahun ini tidak menghadirkan siswa ke sekolah, memilih dengan akses internet. “Pemilih sebanyak 1.184 siswa dan 92 guru dan pegawai melalui google form,” ungkap Made Yuli Arsana.

Sosialisasi perekrutan calon pengurus OSIS dan MPK (majelis perwakilan kelas) serta pembagian link formulir pendaftaran dilakukan dari tanggal 12-18 Oktober. Pengumuman pendaftaran tahap Senin (19/10), tes tulis Selasa (20/10), tes interview 21-23 Oktober, pengumuman seleksi tahap II Sabtu (24/10). Pengumpulan visi dan misi calon Ketua OSIS dan calon Wakil Ketua OSIS Kamis (5/11), orasi calon Ketua OSIS Senin (9/11), debat Selasa (10/11) melalui media sosial. Pemilos SMKN Amlapura dilaksanakan untuk memilih Ketua OSIS dan pengurus masa bhakti 2020-2021 menggantikan Ketua I Gede Edy Apriliawan siswa kelas XI PH (Perhotelan) 1. Ketua Panitia Kadek Indra Dwi Payana.

Syarat bisa sebagai pemilih harus memiliki aplikasi. Muncul gambar calon Ketua OSIS, pemilih hanya bisa klik sekali di tanda gambar itu. “Ini Pemilos paling praktis, bisa memilih secara cepat tidak perlu antre dan hasilnya bisa didapatkan secara cepat pula,” jelas Made Yuli Arsana. Pemilos mengajarkan kepada siswa berdemokrasi yang baik dan benar, serta jujur, tidak ada kecurangan. Sebab begitu menjatuhkan pilihan, langsung tercatat, dan tidak bisa memilih dua kali. Kasek I Wayan Artana mengapresiasi pelaksanaan Pemilos SMKN Amlapura. “Hanya saja, setelah Pemilos OSIS SMKN Amlapura, belum ditindaklanjuti rapat pembentukan pengurus, rencananya pelantikan pengurus OSIS, Jumat (27/11) nanti,” jelas Wayan Artana. *k16

loading...

Komentar