nusabali

Widya Sabha Denpasar Gelar Lomba Utsawa Dharma Gita

  • www.nusabali.com-widya-sabha-denpasar-gelar-lomba-utsawa-dharma-gita

DENPASAR, NusaBali
Serangkaian Denpasar Festival 2020, Widya Sabha Kota Denpasar menggelar Lomba Utsawa Dharma Gita.

Lomba yang dilangsungkan 19-22 November 2020 dimaksudkan memberikan ruang ekspresi bagi kaum muda yang memiliki hobi dharma gita.

Ketua Widya Sabha Kota Denpasar, Made Suarta Wijaya, Kamis (19/11) menjelaskan bahwa pelaksanaan Lomba Utsawa Dharma Gita ini juga menjadi ajang pencarian bibit-bibit pelestari seni dharma gita.

Pun demikian lanjut Suarta Wijaya bahwa tujuan yang paling utama dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mendukung pelestarian budaya, khususnya sastra Bali berupa Sekar Alit (Macepat), Sekar Madya (Kidung) dan Sekar Agung (Wirama). Adapun yang menjadi fokus pelaksanaan Lomba Utsawa Dharma Gita kali ini yakni Macepat Remaja, Sloka Remaja, Kakawin Dewasa dan Palawakya Dewasa.

 “Pelaksanaan kegiatan tersebut sejalan dengan visi dan misi pembangunan Kota Denpasar yang berwawasan budaya, juga bertujuan dalam suasana Covid-19 saat ini dengan mengumandangkan isi pustaka suci diharapkan dapat mengembalikan atau Nyomya Covid-19 tersebut,” jelasnya

Selanjutnya Suarta Wijaya  berpesan kepada seluruh masyarakat, utamanya umat Hindu untuk senantiasa melestarikan seni, budaya serta kearifan lokal masyarakat Bali, termasuk dharma gita.

“Kami berharap seluruh umat Hindu dimanapun berada dapat melaksanakan pelestarian seni sastra Bali yang adiluhung ini untuk mendukung tercapainya tujuan hidup manusia yakni moksartam jagadhita ya ca itti dharma,” harapnya.

Adapun hingga saat ini total sebanyak 60 atau 30 pasang peserta yang sudah terdaftar pada ketiga kategori. Yakni  Macepat Remaja, Sloka Remaja, Keaawin Dewasa dan Palawakya Dewasa. *mis

Komentar