nusabali

Mayjen Maruli Simanjuntak Jadi Pangdam IX/Udayana

  • www.nusabali.com-mayjen-maruli-simanjuntak-jadi-pangdam-ixudayana

JAKARTA, NusaBali
Komando Daerah Militer IX/Udayana mengalami pergantian Panglima.Jabatan yang sebelumnya dipegang Mayor Jenderal Kurnia Dewantara akan diserahterimakan kepada Mayor Jenderal Maruli Simanjuntak.

Kepastian penggantian Panglima Kodam IX/Udayana tersebut terungkap lewat Surat Keputusan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto nomor Kep/911/XI/2020 tanggal 18 November 2020. Dalam rotasi ini terdapat 36 personel TNI AD yang mendapat jabatan baru. 

Maruli Simanjuntak sendiri adalah Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Sedangkan Kurnia Dewantara memasuki masa pensiun.  Dengan bergesernya Maruli ke Kodam IX/Udayana, maka jabatan Danpaspampres dipegang Brigadir Jenderal Agus Subiyanto. 

Brigjen Agus sebelumnya menjabat sebagai Komandan Komando Resort  Militer Surya Kencana, Kodam Siliwangi. Agus merupakan lulusan Akademi Militer 1991. Ia pernah menjadi Komandan Batalyon 22 Kopassus hingga menjadi Pamen Denma Mabes TNI. Ia juga sempat menjadi Wakil Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Achmad Riad membenarkan pergantian di pimpinan Paspampres tersebut. "Betul Skepnya (surat keputusan) sudah dikeluarkan," ujar Riad dikutip CNNIndonesia.com.

Maruli yang juga menantu Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan telah menjabat sebagai Danpaspampres sejak November 2018. Maruli saat itu menggantikan Mayjen TNI Suhartono yang sekarang menjabat sebagai Komandan Korps Marinir. Maruli pernah menjabat sebagai Kepala Staf Kodam Diponegoro. Jenderal bintang dua itu juga pernah menduduki posisi Wakil Danpaspampres.

Sebelum menjadi Komandan Paspampres, Maruli pernah menjabat sebagai Komandan grup A yang bertugas mengawal Presiden Joko Widodo pada tahun 2014-2016. Maruli bertugas selama 1,4 tahun di pengawalan dan pengamanan Presiden dan keluarga Presiden.

Maruli adalah lulusan Akademi Militer 1992 berpengalaman dalam Infanteri Kopassus dan Detasemen Tempur Cakra. sejak 5 Februari 2016 sampai dengan 25 April 2017 mengemban amanat sebagai Danrem 074/Warastratama. Saat masih menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama Surakarta, perwira kelahiran 27 Februari 1970 ini  pernah terpilih sebagai Danrem terbaik dalam bidang Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional tahun 2016.*tim

Komentar