nusabali

2021, Pemkot Ajukan 675 Formasi CPNS

Juga Usulkan Rekrutment 1.196 PPPK Khusus Tenaga Guru

  • www.nusabali.com-2021-pemkot-ajukan-675-formasi-cpns

Tahun 2020 karena kondisi pandemi Covid-19 pengajuan formasi CPNS tidak dilakukan dan dijadikan satu di tahun 2021.

DENPASAR, NusaBali

Pemkot Denpasar kembali ajukan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Denpasar tahun 2021. Sebanyak 675 formasi diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI untuk dilakukan verifikasi kembali. Namun, bukan hanya CPNS pemkot juga ajukan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1.196 pegawai. Jumlah tersebut merupakan akumulasi keperluan pemenuhan CPNS  dan PPPK tahun 2020 dan 2021.

Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar, Komang Lestari Kusuma Dewi, saat dihubungi, Selasa (17/11) mengungkapkan, pengajuan formasi CPNS di Kota Denpasar tahun 2021 dipastikan meningkat. Sebab di tahun 2020 karena kondisi pandemi Covid-19 (Virus Corona) pengajuan CPNS langsung dijadikan satu di tahun 2021. Sehingga, total formasi CPNS 2021 diajukam sebanyak 675 lowongan.

Komang Lestari mengatakan pengajuan formasi tersebut sesuai dengan arahan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). “Kami ajukan CPNS ini sesuai arahan Kemenpan-RB). Karena di tahun 2020 tidak ada pengajuan karena Covid-19, jadi kami ajukan sekaligus di tahun 2021. Sehingga jumlah pengajuan diakumulasi,” jelasnya.

Menurutnya, selain formasi CPNS Pemkot juga mengajukan PPPK sebanyak 1.196 formasi. Seluruh formasi tersebut khusus dalam bidang guru di Kota Denpasar. Jumlah tersebut sesuai dengan kebutuhan guru di Kota Denpasar saat ini khususnya untuk guru SD dan SMP yang kebanyakan kosong karena memasuki pensiun. Sehingga kebutuhan guru dipenuhi dengan PPPK.

Selain itu Komang Lestari mengatakan, formasi CPNS khusus utnuk guru tidak bisa memenuhi kebutuhan di Kota Denpasar. Sehingga formasi PPPK diajukan untuk mengisi kekosongan guru SD yang ada di Kota Denpasar. “Sekarang PPPK kita banyak ajukan itu khusus untuk guru semuanya. Kalau untuk guru formasi CPNS sudah dipastikan tidak memenuhi kebutuhan saat ini sehingga Pemkot sudah menghitung kebutuhan guru yang akan diisi dengan PPPK,” ungkapnya.

Dikatakan Komang Lestari, jumlah tersebut baru sebatas pengajuan ke Kemenpan-RB. Kemungkinan menurut dia akan ada penyisiran lagi sesuai dengan yang ditentukan oleh Kemenpan-RB. “Ini baru pengajuan saja. Untuk penentuannya berapa yang direalisasikan itu kan menurut keputusan pusat sekarang. Kami tinggal menunggu setelah ada instruksi dan rekomendasi turun kami langsung lakukan prosesnya,” tandasnya. *mis

loading...

Komentar