nusabali

Gaet Penyuluh Bahasa Bali Kuta Utara, Edukasi Budaya Bali Melalui Lagu

  • www.nusabali.com-gaet-penyuluh-bahasa-bali-kuta-utara-edukasi-budaya-bali-melalui-lagu

Dikemas dalam konsep lagu, ajakan untuk menjaga budaya Bali ini diharapkan dapat menjangkau audiens yang luas, dari orang dewasa bahkan hingga anak-anak. 

MANGUPURA, NusaBali
Kolaborasi yang menarik datang dari penyanyi muda I Gede Arthanaya, atau yang akrab dengan sapaan Naya. Rabu (11/11) malam, penyanyi ini merilis sebuah lagu berjudul Budaya Bali. Dalam single ini Naya mencoba mengajak para pendengar untuk bersama-sama menjaga Budaya Bali, baik dengan menari, mekidung, dan nyurat aksara.

Hadirnya lagu ini dilatarbelakangi oleh keinginannya untuk mengajak atau mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya menjaga dan melestarikan budaya Bali di era modern ini. Dikemas dalam konsep lagu, ajakan untuk menjaga budaya Bali ini diharapkan dapat menjangkau audiens yang luas, dari orang dewasa bahkan hingga anak-anak. 

“Kita membuat karya dengan sedikit berbeda dengan karya yang bisa dinyanyikan oleh anak-anak kita nanti. Maksudnya, dengan seperti ini kita lebih untuk mendekatkan diri lagi kepada generasi yang lebih muda lagi dengan menggunakan lagu, karena kita merasa lagu adalah sarana yang tepat untuk bisa lebih dekat lagi dengan penyuluh dan juga masyarakat, khususnya di SD, TK,” ujar Naya.

Yang menarik, dalam lagu ini Naya berkolaborasi dengan para penyuluh bahasa Bali Kuta Utara. Kelima anggota penyuluh bahasa Bali Kuta Utara yang turut menyanyi dan tampil dalam video musik Budaya Bali, yaitu Ni Komang Ari Susanti SPdB, Ni Luh Sumartini SPd, Ni Nyoman Desi Utami SPd, Ni Putu Ari Susiana Putri, SPdB, dan Ida Ayu Ratih Stiti SPd. “Kita mau membuat bahasa Bali itu tidak sekedar di pelajaran saja,” lanjut pemuda yang juga aktif sebagai penyuluh bahasa Bali di Dinas Pendidikan Provinsi Bali ini.

Dengan adanya program kelompok belajar yang ada di sekolah-sekolah, maka lagu ini pun bakal menjadi sarana pembelajaran di sekolah-sekolah tersebut. “Sebelum pelajaran kita bisa nyanyi dulu, karena pendekatan terbaik itu kan senang dulu,” jelasnya. 

Perilisan lagu ini di tanggal cantik 11 November 2020 sekaligus juga merilis musik videonya yang kini telah ditayangkan melalui kanal YouTubenya, yakni Naya Glo Official. Adapun video musik untuk lagu Budaya Bali ini menggaet video director Wijaya Killa. Terlibat pula Nanda Mahesa dalam menggarap aransemen musik pada lagu ini.

Momen peluncuran lagu dan video musik Budaya Bali yang diselenggarakan di Kedai Kisah Kita, Kuta Utara ini merupakan momen spesial tersendiri bagi Naya. Diketahui, rilisnya Budaya Bali dilakukan di sela-sela jadwal tour ‘Wantah Adi (Kasmaran)’ Naya yang tengah padat-padatnya. Wantah Adi sendiri merupakan lagu yang dirilis pada 20 Oktober 2020 lalu, yang juga sempat dibawakan oleh Naya dalam perilisan single Budaya Bali ini.*cr74

loading...

Komentar