nusabali

Wisman Belum, Wisdom Jadi Andalan

  • www.nusabali.com-wisman-belum-wisdom-jadi-andalan

DENPASAR, NusaBali
Pelaku  usaha pariwisata optimis pariwisata Bali akan membaik pada liburan Natal dan Tahun Baru 2021.

Keyakinan tersebut berdasarkan mulai dirasakannya penurunan pandemi Covid-19. Di pihak lain  kunjungan wisatawan domestik atau wisnus menunjukkan trend peningkatan.


“Meski belum seperti ketika belum ada Covid-19. Optimis akan membaik,” ujar Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata (Forkom Dewi) I Made Mendra Atmaja, Senin (16/11).

Hal tersebut lanjut Mendra Atmaja, berdasarkan fakta di lapangan memang  mengisyaratkan kembali membaik. “Karena itulah  desa wisata juga ikut bersiap-siap,” ujar Mendra Atmaja. Dia menunjuk keadaan di lapangan, bagaimana makin ramainya kunjungan wisatawan domestik.

Sebelumnya optimisme  disampaikan kalangan pemilik usaha pasar oleh-oleh. “Seperti sudah mulai normal untuk wisatawan domestik,” ujar I Gusti Ngurah Anom atau Aji Cok, pemilik pasar oleh-oleh Khrisna.

Dia menunjuk kunjungan  wisdom ke pasar oleh-oleh miliknya yang semakin ramai. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, Aji Cok belum berani memastikannya. Karena itu tergantung pada penerbangan, apakah akan dibuka atau tidak. Yang jelas, menurut Aji Cok, respons masyarakat belakangan sudah semakin positif, sehingga dia optimis kondisi pariwisata  akan semakin membaik. *k17

Komentar