nusabali

Pelatih dan Kapten Lega, Belanda Akhirnya Menang

  • www.nusabali.com-pelatih-dan-kapten-lega-belanda-akhirnya-menang

AMSTERDAM, NusaBali
Kemenangan Belanda 3-1 atas Bosnia Herzegovina membuat ‘plong’ dan senang pelatih Frank de Boer dan kapten tim Georginio Wijnaldum.

Tiga poin perdana De Oranje melegakan De Boer karena dia meredakan tekanan. De Boer berharap performa Belanda ke depannya bisa lebih konsisten.

"Saya sangat menantikan kemenangan pertama ini. Tapi kami punya dua misi hari ini, menjaga peluang lolos ke semifinal UEFA Nations League dan kini kami di pot pertama Kualifikasi Piala Dunia," ujar De Boer, di situs resmi KNVB, Senin (16/11) dinihari Wita.

Ya, De Boer dalam tekanan hebat menjelang duel Belanda vs Bosnia di Johan Cruyff ArenA, Amsterdam, Minggu (15/11) malam Wita. De Boer tanpa kemenangan di empat laga awal usai menggantikan Ronald Koeman. Setelah dikalahkan Meksiko 0-1 bulan lalu, Belanda imbang 1-1 kontra Bosnia dan Italia, sebelum diimbangi Spanyol dalam laga ujicoba beberapa hari lalu.

Hasil buruk ini mengingatkan fans Belanda pada rekor tidak sedap De Boer saat menangani Crystal Palace tiga tahun lalu. Kala itu De Boer hanya bertahan 10 pertandingan sebelum dipecat.

Absennya Virgil van Dijk selaku kapten tim memberatkan langkah De Boer. Tapi, Belanda dan De Boer menjawab keraguan itu lewat performa bagus saat menjamu Bosnia pada laga kelima Liga A Grup 1 UEFA Nations League.

Sedangkan Wijnaldum mengaku sangat senang Belanda kembali merasakan kemenangan. "Sudah lima laga kami tidak menang, sungguh menyenangkan akhirnya merasakan kembali kemenangan," kata Wijnaldum, di laman resmi UEFA.

"Kami sebetulnya juga mempunyai kesempatan menang melawan Spanyol, tetapi itu tidak terjadi, sedikit menyisakan frustrasi," ujar pemain Liverpool itu.

Wijnaldum mencetak dua gol sekaligus menghapus pacekliknya bersama Belanda sepanjang 2020, setelah melewatkan 2019 sebagai tahun tersuburnya dengan delapan gol. Gol-gol itu tidak lepas dari peran yang dimainkan Wijnaldum bersama Belanda, yakni posisi pemain nomor 10 daripada ball winning midfielder yang dilakukannya di Liverpool.

Wijnaldum membawa Belanda unggul dua gol di menit ke-6 dan 13 lewat.  Lalu Memphis Depay memperbesar 3-0 di menit ke-55. Bosnia memperkecil 3-1 lewat Smail Previjak di menit ke-63.

Kini Belanda di posisi kedua klasemen dengan 8 poin, menempel Italia dengan selisih satu poin. Italia sendiri menang 2-0 atas Polandia, dan bersama Belanda berebut tiket ke semifinal UEFA Nations League. Sedangkan Bosnia Herzegiviba terdegradasi ke level B. *ant

loading...

Komentar