nusabali

6.972 Petugas KPPS di Badung Dirapid Test Mulai Hari Ini

  • www.nusabali.com-6972-petugas-kpps-di-badung-dirapid-test-mulai-hari-ini

MANGUPURA, NusaBali
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung bakal melaksanakan rapid test terhadap Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mulai, Selasa (17/11) hari ini.

Rapid test akan dilakukan dalam tiga hari hingga Jumat (20/11) di puskesmas terdekat dari rumah KPPS. Bila ada KPPS yang positif Covid-19, maka bakal langsung diganti. Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, Senin (16/11) mengatakan perekrutan KPPS sudah dilakukan. “Untuk perekrutan sudah. Per tanggal 16 November 2020 ini (kemarin) sudah di SK-kan dan diagendakan mulai besok (hari ini) akan dilakukan rapid test sampai tanggal 20 November 2020,” ungkapnya.

Jumlah KPPS yang direkrut oleh KPU Badung disesuaikan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jumlah TPS yang ditetapkan oleh KPU Badung pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang sebanyak 996 TPS. “TPS di Badung 996 x 7 orang. Jadi totalnya sebanyak 6.972 orang,” kata Kayun sapaan akrab I Wayan Semara Cipta.

Sehari setelah SK keluar atau pada, Selasa (17/11) hari ini seluruh KPPS akan menjalani rapid test demi memastikan bebas dari Covid-19. “Rapid test dilaksanakan di puskesmas yang terdapat di masing-masing kecamatan se-Badung,” jelas pria asal Banjar Cabe, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal ini.

Kayun menegaskan apabila ada KPPS yang dinyatakan reaktif dari hasil rapid test, maka lanjut dilakukan tes swab. Apabila hasilnya negatif, tetap dipertahankan dengan catatan selama belum tanggal 6 Desember 2020. Namun kalau hasilnya positif, maka akan dicarikan pengganti dengan KPPS yang baru.

“Kalau dari hasil tes swab positif, maka akan dicarikan pengganti dengan yang baru. Sebab ini sudah ada ketentuannya,” tandas Kayun. Disinggung bagaimana sistem penggantiannya bagi yang positif, sementara waktunya sudah mepet? “Ya makanya kami agendakan pelaksanaan rapid test lebih awal untuk antisipasi waktu supaya tidak mepet. Kami menargetkan tanggal 25 November 2020 ini sudah clear,” kata Kayun.

Untuk diketahui, demi memberikan kenyamanan bagi masyarakat saat memberikan hak pilihnya di TPS, seluruh komisoner dan juga staf KPU Badung sudah menjalani tes swab untuk memastikan bahwa penyelenggara pilkada semuanya sehat. Tes swab dilakukan di RSD Mangusada, pada Rabu (11/11) dan Kamis (12/11) lalu. Ada sekitar 40 orang yang menjalani tes swab dan hasilnya semuanya negatif. *asa

Komentar