nusabali

Karangasem Susun Formasi 765 CPNS

  • www.nusabali.com-karangasem-susun-formasi-765-cpns

AMLAPURA, NusaBali
PNS yang pensiun dari tahun 2019 hingga 2021 di Kabupaten Karangasem sebanyak 765 orang. Pemkab Karangasem susun formasi dalam rekrutmen CPNS tahun 2021 sejumpah PNS pensiun yakni 765 orang.

Formasi didominasi tenaga guru sebanyak 632 jatah, tenaga kesehatan 96 jatah, dan tenaga teknis 37 jatah. Berita acara formasi CPNS tertuang dalam surat BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia) Karangasem Nomor 800/1242/BKPSDM/2020.

Kepala BKPSDM Karangasem, I Gusti Gede Rinceg, mengungkapkan anggaran rekrutmen CPNS Rp 2,5 miliar dan anggaran pelatihan Rp 7,6 miliar. Berapa jumlah formasi yang nanti didapatkan tergantung persetujuan dari pemerintah pusat. Rekrutmen CPNS bisa lancar tergantung persetujuan DPRD terkait anggaran rekrutmen dan biaya pelatihan. “Tingginya biaya rekrutmen karena tes menggunakan CAT (Computer Assisted Test), begitu usai tes nilai langsung bisa didapatkan,” ungkap Gusti Gede Rinceg, Jumat (13/11).

Nantinya nilai hasil tes diadu dengan pelamar dengan formasi yang sama. Sehingga tidak ada manipulasi data, rekayasa, apalagi KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme). Hanya pelamar yang memiliki kemampuan tinggi akan lulus. Tes dibagi dua, SKD (seleksi kompetensi dasar) menyangkut pengetahuan umum dan SKB (seleksi kompetensi bidang) sesuai jurusan dan bidang masing-masing pelamar. “Formasi tak hanya sesuai jumlah PNS yang pensiun, kami juga ada usulan tambahan,” kata Gusti Gede Rinceg.

Usulan tambahan misalnya untuk tenaga auditor, pejabat pengadaan barang dan jasa, tenaga metrologi legal (petugas kir timbangan di pasar dan SPBU) dan lainnya. Sehingga Pemkab Karangasem memiliki tenaga khusus sesuai latar belakang ilmu pengetahuan yang dimiliki. Rekrutmen CPNS agar Karangasem tidak krisis PNS. Apalagi terhitung mulai tahun 2019 sebanyak 209 PNS memasuki purnatugas, tahun 2020 sebanyak 266 PNS purnatugas, dan tahun 2021 sebanyak 290 PNS purnatugas.

Ketua Komisi II DPRD Karangasem, I Komang Sartika, mendorong Pemkab Karangasem melakukan rekrutmen CPNS. Sebab sejak tahun 2019 banyak PNS memasuki purnatugas dan wajib ada penggantinya. Terpisah, Kadisdikpora Karangasem I Gusti Ngurah Kartika mengapresiasi rencana merekrut CPNS di tahun 2021. “Banyak guru memasuki pensiun, maka tenaga kontrak atau dari pelamar umum agar bersiap-siap melamar jadi CPNS guru,” pintanya. *k16

loading...

Komentar