nusabali

Hyena Lahir di Bali Safari

  • www.nusabali.com-hyena-lahir-di-bali-safari

GIANYAR, NusaBali
Seekor bayi Hyena, lahir pertama kali di Bali Safari Park, Desa Lebih, Kecamatan Gianyar, Gianyar.

Hyena dari indukan bernama Manama ini, dinamai Mooi oleh artis Jessica Iskandar, melalui video call.  Jessica berkunjung ke Bali Safari, Minggu (8/11). Ibu dari El Barack ini pun lantas memberi nama Mooi kepada bayi Hyena. Dikatakan Jedar, panggilan akrabnya, Mooi diambil dari bahasa Belanda, berarti cantik.

drh Yohana Kusumaningtyas, dokter hewan senior Bali Safari, menjelaskan Mooi lahir pada Kamis (8/10) lalu. Hasil perkawinan dengan pejantan bernama Rifa. Bayi Hyena lahir sehat dengan bobot awal 860 gram. "Saat ini, bayi Hyena dirawat secara intensif oleh tim dokter. Sebab, 6 hari sejak kelahiran, susu dari sang induk, Manama, tidak mencukupi kebutuhan Mooi. Oleh karena itu, sebagai penggantinya baby Mooi mendapat asupan susu formula setiap 4 jam sekali," jelas drh Yohana dalam siaran persnya, Jumat (13/11).

Takaran susu formula lantas disesuaikan dengan pertumbuhan dan hasil timbangan berat tubuh Moii setiap hari. "Setelah 2 minggu sejak lahir, kedua mata baby Mooi sudah terbuka. Seminggu kemudian, giginya mulai tumbuh dan ia sudah belajar berjalan. Barulah setelah usianya menginjak 1 bulan, baby Mooi dikenalkan dengan makanan pendamping susu," jelasnya.

Kelahiran Mooi menjadi kebanggaan tersendiri bagi Bali Safari Park. Seperti diungkapkan Asisten Kurator Bali Safari Park, Nyoman Suartawan. "Kelahiran Mooi merupakan hasil kerja keras dari seluruh pihak di Bali Safari Park, termasuk para Keeper (perawat satwa) yang secara konsisten menerapkan prinsip pengelolaan satwa dengan baik," ujarnya. Ke depannya, Nyoman Suartawan berharap akan ada lagi kelahiran satwa-satwa di Bali Safari park, baik satwa endemik Indonesia ataupun manca negara.

Ekspresi kegembiraan juga diutarakan oleh Thomas Colbert, General Manager Bali Safari Park. “Kegembiraan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Sebab, kami sebagai lembaga konservasi telah berhasil mengembangbiakkan satwa unik ini untuk pertama kalinya di Bali atau mungkin bahkan di Indonesia. Terlebih lagi, di saat kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini,” ungkap Thomas.

Untuk pengunjung, tim Bali Safari menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat serta seluruh area disemprot desinfektan selalu demi keamanan dan kenyaman pengunjung.

Dikatakan, Hyena ada di Bali Safari sejak setahun terakhir. Terdiri dari 4 ekor striped Hyena berada di Bali Safari Park, Gianyar. Keempat Hyena terdiri dari 2 ekor betina bernama Manama dan Adiiya, serta 2 ekor jantan bernama Hamad dan Riffa.*nvi

Komentar