nusabali

Maestro Seni Indonesia Made Wianta Meninggal Dunia

  • www.nusabali.com-maestro-seni-indonesia-made-wianta-meninggal-dunia

DENPASAR, NusaBali
Kabar duka dunia bagi dunia seni. Bukan hanya Bali dan nasional, melainkan internasional kehilangan Made Wianta.

Seniman lukis kelahiran Tabanan ini meninggal di Denpasar dalam usia 70 tahun pada Jumat (13/11) sekitar pukul 14.49 Wita. Diketahui bahwa seniman lukis yang dikenal dalam khasanah seni rupa modern ini menderita sakit sejak beberapa waktu lalu. Almarhum meninggalkan seorang istri, Intan Kirana, dan dua orang anak, Buratwangi dan Sanjiwani.

Made Wianta merupakan lulusan dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Pada tahun 1976, ia belajar seni Eropa ke Brussels, Belgia, sekaligus mengunjungi galeri-galeri dan museum kesenian.

Wianta memang bukan hanya level nasional. Dia telah mengikuti berbagai pameran internasional seperti di New York, Paris, dan Tokyo. Namun, yang paling terkenal adalah keikutsertaannya dalam Bienalle di Venesia tahun 2004 silam. Wianta  adalah seniman yang dikenal suka membaca, khususnya dalam bidang filsafat yang menuntunnya pada falsafah Buddhisme dan Nihilisme ala Nietzsche. Selain karena bidang bacaannya, seniman dalam diri Made juga tercermin dari tradisi agraris di tanah kelahirannya, Bali.

Karyanya telah banyak didokumentasikan dalam beberapa buku, di antaranya adalah Made Wianta (1990), Made Wianta: Universal Balinese Artist (1999), Made Wianta: Art and Peace (2000), dan Wild Dogs in Bali: The Art of Made Wianta (2005). Made Wianta juga menampilkan beberapa koleksi karyanya di The Neka Museum di Ubud, Bali. *

Komentar