nusabali

Wisata ATV BUPDA Desa Kelating, Nikmati Panorama Sawah dan Sunset

  • www.nusabali.com-wisata-atv-bupda-desa-kelating-nikmati-panorama-sawah-dan-sunset

Desa Kelating di Tabanan, menawarkan wisata ATV berkeliling sekitar desa.

TABANAN, NusaBali
All Terrain Vehicle atau yang biasa disebut ATV adalah sebuah jenis kendaraan sepeda motor beroda empat dan merupakan kendaraan segala medan. Jika punya hobi offroad atau jiwa petualangan, tentu harus pernah menaiki ATV.

Desa Kelating di Tabanan, menawarkan wisata ATV berkeliling sekitar desa. Wisatawan akan diajak mengitari desa dengan pemandangan sawah serta berkeliling Pantai Kelating sembari menikmati sunset yang menenangkan.

Wisata ATV ini adalah merupakan usaha desa atau yang biasa disebut Baga Utsaha Padruwen Desa Adat (BUPDA). Ada tujuh unit ATV yang saat ini dikelola oleh muda-mudi desa adat Kelating dikoordinir oleh Dewa Anggara Wijaya Putra. Berdiri sejak setahun lalu, awalnya setiap unit ATV dimiliki oleh warga desa. Kemudian Jro Bendesa Adat, Dewa Made Maharjana, memfasilitasi hingga wisata ATV ini menjadi usaha desa setempat.


Berlokasi tepat di Banjar Dau Jalan, Desa Kelating, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, wisata ATV ini dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 40 menit dari kota Denpasar. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 250 ribu, pengunjung sudah langsung mendapatkan training sekitar 30 menit untuk mengendarai ATV ini. Jika tidak berani mengendarai sendiri, tinggal tambah Rp 50 ribu agar bisa saling berboncengan.

Rute yang disuguhkan pun ada dua jenis. Pengunjung bisa memilih rute dengan track yang mudah yaitu mengelilingi sawah di sekitar desa kemudian mengendarai ATV di sekitar Pantai Kelating. Jika ingin lebih menantang, rute dengan track yang cukup sulit pun ada yaitu mengitari jalan setapak yang ada di tebing di sekitar pantai.


Meskipun pandemi Covid-19 memang cukup berdampak bagi pariwisata Bali, namun wisata ATV di Desa Kelating ini justru semakin banyak diminati. “Waktu corona malah ramai, karena warga desa juga mencari hiburan. Jadi kita pakai rute mengelilingi sawah karena pantai sempat ditutup,” jelas Made Dewi, salah satu trainer perempuan yang ikut mengelola BUPDA ATV Kelating.

Wisata ATV yang dikelola BUPDA ini pun disambut baik oleh masyarakat desa sendiri. “Semenjak ada ATV ini memang kunjungan wisatawan makin signifikan. Semoga ke depannya kami bisa menambah unit karena ada kelompok wisatawan yang mencari paketan,” ungkap Jro Bendesa Adat, Dewa Made Maharjana.

Beberapa selebritas papan atas Indonesia dan atlet sepakbola seperti Jessica Iskandar, Irfan Bachdim beserta keluarga dan Marc Klok pun sudah pernah menjajal wisata ATV ini. Nama yang disebut terakhir ini juga terlihat menghabiskan akhir pekannya pada Sabtu (7/11) lalu di Desa Kelating.  “Saya sangat menikmati. Istri juga suka. Disini juga safe dan nyaman,” ungkap Marc Klok  yang per Kamis (12/11) sah menjadi WNI setelah proses naturalisasinya beres. Pemain berdarah Belanda ini bermain di Liga Indonesia sejak 2017 dengan memperkuat PSM Makassar, dan pada musim ini memperkuat Persija Jakarta. *cla

loading...

Komentar