nusabali

SMA PGRI Amlapura Gelar Workshop Kewirausahaan

  • www.nusabali.com-sma-pgri-amlapura-gelar-workshop-kewirausahaan

AMLAPURA, NusaBali
SMA PGRI Amlapura menggelar workshop entrepreneurship atau kewirausahaan di aula sekolah setempat, Kamis (12/11).

Workshop ini diikuti oleh 60 siswa yang selama ini jualan online. Teknis workshop, sebanyak 30 peserta tatap muka dan 30 peserta lainnya secara virtual. Narasumber yakni dua pengusaha lokal, I Gusti Ketut Arimbawa dan Ida Bagus Putu Budiantara.

Workshop dibuka Kasek SMA PGRI Amlapura I Ketut Jelantik didampingi Wakasek Kesiswaan I Gede Aries Pidrawan. Workshop entrepreneurship atau kewirausahaan ini menyangkut kreativitas dan inovasi dalam mengelola usaha dengan menciptakan perubahan, memanfaatkan peluang dan sumber-sumber yang ada. Harapannya pelaku usaha mampu meningkatkan penghasilan dan memenangkan persaingan dengan menampilkan atau menawarkan produk baru, manajemen baru, dan memiliki keyakinan mengubah dunia jadi lebih baik. “Pelaku kewirausahaan agar selalu berinovasi, mengimplementasikan ide-ide baru, dan mampu mendirikan organisasi, lembaga, dan perusahaan sendiri,” ungkap Ketut Jelantik.

Pelaku usaha mesti berani menanggung risiko. “Mesti pintar membaca peluang pasar agar produknya laku di pasaran,” tegas Ketut Jelantik. Sementara I Gede Aries Pidrawan menambahkan, pendidikan kewirausahaan untuk siswa kreatif sangat mendukung kemampuan siswa yang memiliki bakat di bidang kewirausahaan. “Mulailah dari yang kecil,” katanya. Segala usaha butuh modal, jika usahanya telah besar, barulah memikirkan tambah modal dengan perhitungan bisnis yang matang. *k16

Komentar