nusabali

Kelurahan Sumerta Gencarkan Sterilisasi

Jelang Puncak Piodalan di Pura Dalem Penataran

  • www.nusabali.com-kelurahan-sumerta-gencarkan-sterilisasi

DENPASAR, NusaBali
Jelang persiapan acara piodalan di Pura Dalem Penataran Desa Adat Sumerta, Denpasar Timur pada Minggu (15/11), Kelurahan Sumerta gencar melaksanakan sterilisasi areal tempat atau sarana ibadah (pura) melalui penyemprotan disinfektan, Kamis (12/11), di areal Pura Dalem Penataran Desa adat setempat.

Lurah Semumerta Eka Apriana saat dihubungi, Kamis (12/11) mengatakan kegiatan sterilisasi penyemprotan ini dilakukan untuk antisipasi penyebaran Covid-19 saat piodalan berlangsung. Penyemprotan ini sudah dimulai sejak Rab (11/11yang dilakukan dua sesi, yakni pagi dan sore hari setiap harinya sampai puncak karya berlangsung.

“Penyemprotan di Pura Dalem Penataran Desa Adat Sumerta, Kelurahan Sumerta dilaksanakan dua kali yakni pada pagi dimulai pukul 06.30 Wita - selesai sebelum aktivitas pengayah sameton krama istri dan sore hari pada pukul 17.00 Wita setelah aktivitas selesai," ungkapnya.

Kegiatan ini menurut dia akan terus berlanjut sampai dengan saat acara piodalan di pura tersebut, Minggu mendatang, oleh Satgas Kelurahan Sumerta bersama Satgas Banjar/Lingkungan setempat. Adapun untuk Protokol Kesehatan (Prokes) yang sudah dipersiapkan yakni sarana cuci tangan, handsanitizer, masker (bagi pamedek yang lupa membawa masker), alat pengukur suhu tubuh dan cairan disinfektan (untuk penyemprotan secara berkala).

Di samping itu pihak pangempon pura juga sudah mengatur pamedek agar datang secara bergiliran sehingga tidak membludak saat bersamaan termasuk pengaturan tempat duduk pamedek yang diatur sehingga ada jarak aman antar pamedek. "Kalau pembatasan khusus paling maksimal 50 orang, tapi kami batasi untuk sembahyangnya agar bisa gantian," imbuhnya. *mis

Komentar