nusabali

Warga Tebongkang Swab Test Massal, Positif Covid-19 Jadi 32 Kasus

  • www.nusabali.com-warga-tebongkang-swab-test-massal-positif-covid-19-jadi-32-kasus

GIANYAR, NusaBali
Puluhan warga Banjar Tebongkang, Desa Singakerta, Kecamatan Ubud jalani swab test, Jumat (13/11) pagi.

Swab test massal ini  dilakukan menyusul ledakan kasus Covid-19 dari klaster upacara pernikahan dan penguburan jenazah (pemakaman) di Banjar setempat. Jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 pun bertambah.

Dari semula 27 kasus, menjadi 32 kasus konfirmasi positif Covid-19.  Warga datang secara silih berganti mulai pukul 06.30 Wita sampai pukul 08.00 Wita. Jumlah warga yang datang menjalani swab test sekitar 70 orang. Mengingat jumlah kontak erat mencapai ratusan orang, tes swab akan digelar kembali, Sabtu (14/11).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, dr Ida Ayu Cahyani ditemui di lokasi menjelaskan, uji swab ini sebagai upaya mengungkap sebaran kasus sehingga bisa dilakukan tindak lanjut yang tepat. "Karena ini sebuah pandemi, kita selesaikan berdasarkan epidemiologi. Semua kasus terkonfirmasi harus masuk karantina. Perluasan tracing dengan tes swab terhadap kontak erat. Dengan target, 1 terkonfirmasi positif kontak erat dengan 20 orang. Sehingga jumlah yang harus di swab sekitar 430an, termasuk tamu yang hadir saat acara," ungkap dr Cahyani.

Sebagai upaya memperkecil sebaran virus, dr Cahyani meminta Satgas Covid Desa Singakerta bersama Satgas Gotong Royong Desa Adat Tebongkang membatasi mobilisasi wilayah. "Karena ini dalam satu wilayah, guna memperkecil kemungkinan penularan harus dilakukan pembatasan mobilisasi masuk maupun keluar," jelasnya.

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa saat ini tim surveilance sedang melakukan investigasi kasus ini. "Kita harapkan seminggu dua minggu kedepan tidak ada penularan tambahan. Terutama tidak sampai ada kematian," harapnya.

Kepada masyarakat, dr Cahyani mengingatkan agar lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. "Kita imbau masyarakat agar upayakan 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Hindari kerumunan," pintanya.*nvi

Komentar